Jawa Pos

Hafizh Resmi ke MotoGP

-

BURIRAM – Malaysia patut berbangga dan Indonesia boleh iri. Pembalap asal negeri jiran Hafizh Syahrin dipastikan turun di kelas para raja MotoGP satu musim penuh tahun ini bersama tim Monster Yamaha Tech3. Dia adalah pembalap Asia Tenggara pertama yang membalap di MotoGP.

Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh Bos Tech3 Herve Poncharal. Kesempatan emas itu didapat setelah pembalap 23 tahun kelahiran Selangor tersebut tampil cukup impresif pada uji coba pramusim di Sirkuit Buriram, Thailand, pekan lalu.

Hafizh finis di urutan ke-21 secara keseluruha­n. Yang paling mengejutka­n adalah catatan waktu terbaiknya hanya berselisih 1,7 detik dari rider tercepat Daniel Pedrosa (Repsol Honda). ’’Dia melakukan pekerjaan yang bagus. Saya kagum! Apalagi, dia sosok yang sangat rendah hati di luar trek,’’ puji Poncharal.

Setelah berdiskusi intensif dengan para sponsor, lanjutnya, Tech3 dan Yamaha sepakat untuk menye- rahkan motor yang seharusnya ditunggang­i Jonas Folger itu kepada Hafizh. Folger sendiri memutuskan mundur dari MotoGP setelah kesehatann­ya tak juga membaik pasca mengalami gangguan hati alias Gilbert’s syndrome.

Hafizh punya waktu tiga hari lagi untuk beradaptas­i dengan Yamaha YZR-M1 2017, motor peninggala­n Valentino Rossi dan Maverick Vinales tahun lalu. Yakni, pada uji coba pramusim terakhir di Qatar 1–3 Maret mendatang. Hafizh sendiri menyatakan, mengendara­i motor MotoGP seperti berada di dunia berbeda jika dibandingk­an dengan Moto2. Meski begitu, dia tak bisa memungkiri bahwa YZR-M1 langsung membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama.

’’Saya harus mengangkat motor lebih cepat dan membuka gas lebih awal saat keluar tikungan. Lamalama, saya mendapatka­n feeling yang bagus dengan motor tersebut,’’ kata pembalap berjuluk ’’Pescao’’ karena keandalann­ya membalap di trek basah itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia