Jawa Pos

Tahun Ini Renovasi Delapan Puskesmas

Tambah Ruang Inap

-

SURABAYA – Delapan puskesmas akan mengalami perbaikan tahun ini. Dinas perumahan rakyat kawasan permukiman cipta karya dan tata ruang (DPRKP CKTR) telah memasukkan puskesmas-puskesmas tersebut ke lelang.

Ada empat puskesmas yang selesai dilelang. Yakni, Puskesmas Sawahpulo, Mulyorejo, Kebonsari, dan Wonokromo. Sisanya, Puskesmas Krembangan Selatan, Simolawang, Jemursari, dan Siwalanker­to, masih dilelang. ’’Tahun ini hanya pembenahan. Belum ada pembanguna­n baru,” terang Kabid Bangunan DPRKP CKTR Iman Kristian di kantornya kemarin (21/2).

Pembenahan tersebut bertujuan meningkatk­an daya tampung dan pelayanan puskesmas di Surabaya. ’’Kebanyakan penambahan ruang pelayanan dan ruang inap,” jelasnya. Peningkata­n pelayanan itu diharapkan bisa memudahkan pasien ketika berobat. Terutama yang menggunaka­n layanan jaminan kesehatan (jamkes) untuk faskes tingkat I.

Selama ini, warga sering dirujuk ke rumah sakit atau faskes yang lebih tinggi untuk penanganan penyakitny­a. Sebagian puskesmas dinilai masih kurang dalam hal ketersedia­an ruang pemeriksaa­n dan ruang inap. Puskesmas perlu meningkatk­an sarana-prasarana serta sumber daya manusia agar dapat melayani warga tanpa perlu dirujuk ke rumah sakit.

Nilai pengerjaan pembanguna­n puskesmas tahun ini beragam. Nilai pengerjaan Puskesmas Kebonsari paling tinggi, yaitu Rp 7 miliar. Umumnya, puskesmas membutuhka­n Rp 4–5 miliar untuk pengerjaan konstruksi oleh DPRKP CKTR tahun ini.

Selain puskesmas, pemkot memperbaik­i gedung fisik di tingkat kelurahan dan kecamatan. Delapan kantor kelurahan dan empat kantor kecamatan juga dibenahi tahun ini. Salah satu yang cukup besar adalah pengerjaan kantor Kecamatan Lakarsantr­i. Gedung kantor yang terbilang baru itu harus dipindah karena terkena proyek pembanguna­n jalur lingkar luar barat (JLLB).

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BAKAL DIREHAB: Pada 2018, pemkot akan merenovasi delapan puskesmas. Anggaran yang disediakan untuk satu puskesmas mencapai Rp 4,5 miliar.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BAKAL DIREHAB: Pada 2018, pemkot akan merenovasi delapan puskesmas. Anggaran yang disediakan untuk satu puskesmas mencapai Rp 4,5 miliar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia