Jawa Pos

Panjat Dinding, Taklukkan Rasa Takut

Melatih Otot dan Tulang Anak

-

SURABAYA – Olahraga yang mengadapta­si panjat tebing (rock climbing), yakni panjat dinding (wall climbing), menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung mal. Wall climbing itu berlokasi di Pakuwon Mall.

Kemarin (21/2) beberapa anak usia SD hingga SMP mengantre di Cartoon Kingdom. Mereka ingin menjajal permainan yang cukup menantang keberanian tersebut. Ada dua macam jalur pemanjatan. Yakni jalur yang lurus dan disertai kemiringan.

Setiap climber (pemanjat) akan didampingi seorang belayer. Belayer bertugas menjaga keamanan climber. Mereka juga akan berkoordin­asi dengan pemanjat tentang kekencanga­n tali dan lain-lain. Sebelum mulai, setiap anak harus mengenakan alat keamanan. Dengan bantuan tali, batubatu pijakan, serta alat lainnya, anak berusaha mencapai titik puncak tanpa harus terjatuh. Pada titik tertinggi ada bel yang akan berbunyi saat dipencet climber.

Selain menyenangk­an, kegiatan wall climbing memiliki berbagai manfaat. Memanjat bisa melatih otot dan tulang anak. Mencapai puncak bisa mengasah keseimbang­an, melatih koordinasi tangan dan kaki, meningkatk­an kesigapan, hingga membuatana­klebihlinc­ahdancekat­an.Jugamelati­h anak untuk menaklukka­n rasa takut.

Area wall climbing dibuka setiap hari. ’’Yang penting anak berani. Tak ada batasan usia,’’ ucap salah seorang belayer, Inalsa Dwi Bayu, kemarin (21/2). Menurut dia, banyak otot yang bekerja ketika anak melakukan olahraga itu. Jika mau berlatih serius, anak usia 5 tahun sudah bisa melakukan wall climbing.

Salah seorang pengunjung, Alphard Rizky, 7, menyisihka­n sekitar 10 anak lain. Dia terhitung cepat mencapai puncak. ’’Sudah lima kali manjat,’’ ujarnya bangga. Siswa SD Cemeng Sidoarjo tersebut mengaku ketagihan.

Berbeda dengan Rizky, Valeria Natasa sempat menangis saat sampai di tengah jalur. Tubuhnya gemetar lantaran lelah sekaligus mulai takut akan ketinggian. Akhirnya, belayer menurunkan­nya perlahan. ’’Ketika anak sudah sering memanjat, lama-kelamaan makin pede,’’ tambah Bayu, sapaan Inalsa Dwi Bayu.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? LIHAT KE ATAS: Alphard Rizky memanjat dinding di mal. Dia bisa mencapai puncak dengan cukup cepat karena kerap berlatih.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS LIHAT KE ATAS: Alphard Rizky memanjat dinding di mal. Dia bisa mencapai puncak dengan cukup cepat karena kerap berlatih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia