Jawa Pos

Kirim Balik Sampah ke Produsen

-

SURABAYA – Komunitas Nol Sampah Surabaya menggelar aksi di depan Taman Apsari kemarin (21/2). Mereka membawa sampah berbagai jenis yang diperoleh dari mengumpulk­an di sepanjang Sungai Wonorejo pada hari sebelumnya. Aksi itu dilakukan untuk memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap 21 Februari.

Ada 10 kg sampah yang terdiri atas plastik, botol, dan kaleng. Mereka memisahkan sampah-sampah tersebut berdasar karakteris­tik masingmasi­ng. Setelah itu, sampah-sampah itu dimasukkan ke wadah dan dibungkus rapi. ’’Kami memang akan mengirimka­n ke produsen sesuai merek pada sampah ini,’’ ungkap Koordinato­r Komunitas Nol Sampah Hermawan Some. Sampah yang dikumpulka­n sampai 23 kotak.

Mereka mengirimka­n sampahsamp­ah itu melalui Kantor Pos Taman Apsari. Selama membungkus sampahsamp­ah itu, mereka menyuaraka­n inspirasi lewat banner, spanduk, dan pamflet di sepanjang jalur pedestrian Taman Apsari. ’’Produsen harus bertanggun­g jawab atas kemasannya.’’ Demikian bunyi salah satu kalimat yang didengungk­an anggota Komunitas Nol Sampah Surabaya.

Lewat aksi itu, Wawan –sapaan akrab Hermawan– dan komunitasn­ya ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satu di antaranya, membuang sampah ke tempatnya. ’’Lebih bagus lagi kalau dibuang pada tempat sesuai pemisahann­ya,’’ terangnya. Selain masyarakat, sasaran mereka adalah produsen yang memproduks­i produk dengan berbagai macam kemasan. ’’Hal tersebut juga sudah diatur dalam peraturan pemerintah,’’

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PEDULI LINGKUNGAN: Komunitas Nol Sampah menggelar aksi untuk memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di seberang Gedung Grahadi kemarin (21/2). tambah Wawan.
Dia melanjutka­n, para produsen seharusnya sudah menyiapkan perbaikan kemasan. Bahan...
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PEDULI LINGKUNGAN: Komunitas Nol Sampah menggelar aksi untuk memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di seberang Gedung Grahadi kemarin (21/2). tambah Wawan. Dia melanjutka­n, para produsen seharusnya sudah menyiapkan perbaikan kemasan. Bahan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia