Jawa Pos

Ajang Unjuk Kreasi Arsitektur Nasional

-

SURABAYA – Puluhan maket dan rancangan arsitektur tertata rapi di salah satu ruangan di Empire Palace, Genteng, kemarin (21/2). Semuanya karya anak bangsa. Pameran tersebut diselengga­rakan dalam rangka Konvensi Arsitektur Indonesia 2018.

Peminat pameran tersebut tidak sedikit. Terhitung, sejak dibuka pada pukul 15.00, pameran itu terusmener­us kedatangan pengunjung. Sebagian besar yang datang juga berprofesi arsitek. Kebanyakan arsitek muda dari Surabaya.

Salah satunya Pandhu Putra Pratama. Lulusan Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur itu datang tidak hanya sebagai penikmat karya, tapi juga pembicara pada pertemuan yang akan berlangsun­g di ruangan yang sama. ”Saya jadi salah satu orang yang membagikan informasi kepada arsitek muda di Surabaya,” jawabnya.

Dari sekian banyak maket dan rancangan yang ada, ada satu desain yang menarik perhatiann­ya. Desain tersebut bernama Nataneka Architect. Rancangan itu merupakan sebuah bangunan pelabuhan udara. Bandara tersebut memiliki kubah gedung yang mirip bangunan rumah tradisiona­l Toraja. ”Unsur tradisiona­lnya terasa sekali,” ungkap pria 20 tahun tersebut.

Dia juga menggemari ide pemilik desain tersebut. Sang desainer tidak mau menghambur­kan ruang kosong dalam rancangann­ya itu. Semuanya terpakai dengan maksimal. Lahan kosongnya digunakan sebagai landasan terbang, sedangkan ruang tunggunya kecil. Jadi, pesawat yang bisa ditampung semakin banyak. ”Menurut saya, itu pintar,” katanya.

Konvensi tersebut akan diresmikan hari ini. Namun, berbagai pameran dan talk show dilaksanak­an sejak Senin (19/2). Acaranya tersebar di kawasan Genteng. Ada yang berlokasi di co-working space Koridor serta di Empire Palace. ”Kalau yang di Empire Palace, kami juga memamerkan beberapa bahan dasar bangunan untuk referensi para arsitek muda,” ucap Ketua Panitia Konvensi Arsitektur Indonesia Ir Mazttri Indrawanto.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KAGUM: Muhammad Himawan menikmati salah satu maket arsitektur dalam pameran di Empire Palace kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KAGUM: Muhammad Himawan menikmati salah satu maket arsitektur dalam pameran di Empire Palace kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia