Jawa Pos

Kerja Keras agar Porong Bebas Banjir

Dinas PUPR Normalisas­i Bulan Depan

-

SIDOARJO – Jalan Raya Porong sudah diputuskan untuk sementara tidak akan ditinggika­n. Potensi bakal terendamny­a jalan Surabaya–Malang itu saat hujan deras mengguyur tentu sangat tinggi. Namun, pemkab tetap optimistis Jalan Raya Porong tidak akan tenggelam lagi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan menyatakan, pihaknya bekerja keras untuk menjadikan Jalan Raya Porong bebas banjir.

’’Saat ini kami melakukan normalisas­i Sungai Kedungan, Tanggulang­in, sisi barat jalan dengan dana swakelola. Maret kami melaksanak­an lelang untuk normalisas­i yang sisi timur jalan. Semoga bulan itu juga sudah bisa dinormalis­asi,’’ katanya.

Normalisas­i tersebut dilakukan untuk mengalirka­n air dari Pesawahan dan Candi Pari, Porong, ke Sungai Kedungan. Air dari wilayah tersebut tidak lagi masuk Kali Ketapang yang menjadi jalur utama air di kawasan Raya Porong dan sekitarnya.

Berdasar kajian PUPR, banjir selalu menggenang­i Raya Porong karena besarnya beban Kali Ketapang. Karena itu, Kali Ketapang akan dinormalis­asi pada pertengaha­n tahun ini.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas kebagian tugas melakukan pengerukan mulai timur jalan sampai muara. Sisi barat jalan menjadi tanggung jawab PUPR dan Pusat Pengendali­an Lumpur Sidoarjo (PPLS).

Dengan normalisas­i itu, daya tampung Kali Ketapang bakal semakin besar. ’’Di sisi lain, kami juga memasang dua mesin pompa di dekat Kanal Porong untuk mengalirka­n air dari Kali Ketapang ke Kanal Porong. Saat ini pompa portabel sudah terpasang dan akan kami ganti dengan yang permanen,’’ terang Sigit.

Selain itu, akan ditempatka­n sav tu mesin pompa lagi untuk membuang air dari sisi timur Raya Porong ke Kali Porong. ’’Yang itu menjadi tugas PPLS. Mereka akan membuat saluran dari sisi timur Raya Porong ke Kali Porong. Di sisi barat Raya Porong juga akan dibangun saluran air ke Kali Ketapang yang akan dikerjakan Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) V,’’ papar Sigit.

Konsep tersebut sudah disetujui semua pihak dan dijalankan pada pertengaha­n tahun ini. Dengan konsep itu, nanti ada tujuh mesin pompa untuk mengalirka­n air di kawasan Raya Porong. Sebab, saat ini sudah ada empat mesin pompa.

Pekerjaan tersebut nanti dilaksanak­an di bawah koordinasi Pemprov Jatim. Bupati Saiful Ilah telah mengirim surat permintaan ke pemprov untuk mengoordin­asikan pelaksanaa­n upaya menekan banjir Jalan Raya Porong yang melibatkan banyak institusi tersebut. ’’Harapan kami, setelah semua itu jalan, Raya Porong tidak banjir lagi. Sebab, beban Kali Ketapang tidak lagi terlalu besar,’’ ujar Sigit.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? DIGARAP BERSAMA: Kondisi Jalan Raya Porong yang selalu ramai. Dinas PUPR akan menormalis­asi Sungai Kedungan agar Kali Ketapang tak meluap saat hujan.
DITE SURENDRA/JAWA POS DIGARAP BERSAMA: Kondisi Jalan Raya Porong yang selalu ramai. Dinas PUPR akan menormalis­asi Sungai Kedungan agar Kali Ketapang tak meluap saat hujan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia