Jawa Pos

Lulus SNM PTN, Masih Bingung Pilih Jurusan

-

SIDOARJO – Peserta yang lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) akhirnya diumumkan. Kemarin (21/2) panitia seleksi mengumumka­n 50 persen siswa yang lolos dan berhak mendaftar proses selanjutny­a.

Namun, belum semua siswa yang lulus langsung mendaftar ke perguruan tinggi yang diinginkan. Ada yang masih melihat peluang sekaligus memikirkan jurusan yang benar-benar diinginkan.

Misalnya, Alifia Nur Safitri. Siswi kelas XII SMAN 4 Sidoarjo itu menyatakan senang bisa masuk dalam 50 persen siswa yang berhak mendaftar SNM PTN. Namun, dia tidak langsung mendaftar ke perguruan tinggi yang diincar. ’’Masih memikirkan dan melihatlih­at peluang dulu,’’ katanya.

Saat ini ada dua PTN di Surabaya yang sudah menjadi jujukan pilihan Alifia nanti. Yakni, Universita­s Airlangga (Unair) dan Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN). Siswa jurusan IPA itu masih bingung menentukan bidang kuliah eksakta yang akan diambil. Dia malah memikirkan pilihan kuliah lintas jurusan. Yakni, psikologi atau ilmu sosial politik. Namun, Alifia juga tidak paham apakah pilihan tersebut bisa diwujudkan.

Sementara itu, siswa yang tidak lolos otomatis tidak bisa mengakses pengumuman lebih lanjut soal SNM PTN. Pemberitah­uan tersebut bisa diketahui begitu siswa memasukkan nomor induk siswa nasional (NISN). Bagi yang tidak lolos, di bawah kolom NISN akan muncul pemberitah­uan bahwa mereka tidak bisa mengikuti SNM PTN 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia