Jawa Pos

Bikin Meja-Kursi dari Botol Bekas

-

SIDOARJO – Sabrina Holl, bule asal Jerman yang mengajar di SMA Muhammadiy­ah 1 Taman, terlihat sibuk memasukkan plastikpla­stik bekas ke dalam botol bekas. Ratusan siswa Smamita, sebutan SMA Muhammadiy­ah 1 Taman, melakukan hal yang sama. Mereka sedang membuat ecobrick. Yakni, memanfaatk­an botol bekas untuk membuat bangunan maupun benda tertentu.

Caranya, masukkan plastik bekas ke dalam botol. Lakukan hingga permukaan botol padat. Lalu, botol-botol tersebut disusun menjadi bentuk tertentu. Masingmasi­ng botol direkatkan dengan lem khusus. ”Hari ini kan Hari Peduli Sampah Nasional. Kami memperinga­tinya dengan membuat ecobrick,” terang Nurul Muzdalifah, wakil kepala bagian kesiswaan Smamita.

Sejak pagi seluruh siswa diminta mengumpulk­an sampah dan botol dari sekitar lingkungan sekolah. Satu anak minimal satu botol. ”Satu kelas terkumpul satu karung besar. Ada lima belas kelas totalnya,” ujar Nurul.

Masing-masing kelas membuat benda-benda yang berbeda. Ada yang membuat meja, kursi, tempat mukena, rak buku, hingga kursi panjang untuk bersantai. ”Ada juga yang ditambahka­n papan biar lebih kuat,” lanjut Nurul.

Tepat pukul 11.00, produk buatan siswa sudah jadi. ”Semua barang ditinggal di sekolah untuk digunakan di sekolah,” kata Nurul. Menurut dia, pembuatan ecobrick untuk membiasaka­n siswa memanfaatk­an barang yang sudah tidak digunakan menjadi barang yang bermanfaat.

 ??  ??
 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? HARI SAMPAH NASIONAL: Sabrina Holl bersama siswa Smamita membuat ecobrick kemarin. Ada yang membuat kursi, meja, dan rak buku.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS HARI SAMPAH NASIONAL: Sabrina Holl bersama siswa Smamita membuat ecobrick kemarin. Ada yang membuat kursi, meja, dan rak buku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia