Jawa Pos

Artis 1970-an Pernah Singgah di Hotel Keluarga Si Nyong

-

IDENTITAS Abdul Aziz alias Si Nyong masih misteri. Yang pasti, pemilik losmen tua di Jalan Diponegoro, Situbondo, itu masih tercatat sebagai keluarga Si Nyong

Informasi yang dikumpulka­n Jawa Pos Radar Banyuwangi, pemilik losmen tersebut adalah warga Tionghoa bernama Mecing. Suaminya bernama Fauzi.

Keterangan dari warga sekitar, Mecing adalah bibi Si Nyong. Dialah pemilik losmen yang dikenal dengan sebutan Hotel Asia itu. Bangunan kuno tersebut berada di Lingkungan Paraaman Selatan, RT 02, RW 01, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo.

Nur Anwar, ketua RW setempat, mengatakan bahwa losmen tersebut pernah mengalami masa kejayaan. Pada 1970–1980, banyak masyarakat yang bermalam. ”Rhoma juga pernah nginep di situ,” ungkapnya.

Anwar mengatakan, artis-artis terkenal juga sering mem-booking Hotel Asia. Dia masih ingat betul bagaimana senangnya ketika ada artis yang bermalam di hotel tersebut. ”Waktu itu saya masih SD. Kalau ada artis, saya intip dari jendela,” kenangnya.

Terkait dengan Si Nyong, Anwar mengaku, yang bersangkut­an jarang ada di Situbondo. Dia kali terakhir melihat Si Nyong pada bulan Maulid beberapa waktu lalu. ”Ya, Maulid sempat pulang,” katanya.

Sementara itu, pihak-pihak yang disebut sebagai keluarga Si Nyong masih sulit dimintai keterangan. Kasatintel­kam Polres Situbondo AKP Pujiarto mengaku sudah mendapatka­n informasi bahwa Si Nyong pernah tinggal di Situbondo. ”Tapi, saya belum bisa komentar banyak. Cuma pernah tinggal di Situbondo, itu saja yang saya tahu,” katanya.

Sumber kuat di kepolisian menyatakan, anggota intelkam sudah mendatangi keluarga Abdul Azis di losmen tua tersebut. Mereka saat ini sedang mengorek informasi seputar Si Nyong.

”Tadi sudah kami tanya-tanya keluargany­a. Bisa saja keluarga Si Nyong akan dibawa ke Polda Jatim. Tapi, masih kita rembukkan,” kata sumber tersebut.

 ?? JAWA POS RADAR NGAWI ?? KELUARGA: Isti Faiyah memandang foto dirinya bersama sang suami Rianto Gempol.
JAWA POS RADAR NGAWI KELUARGA: Isti Faiyah memandang foto dirinya bersama sang suami Rianto Gempol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia