Jawa Pos

Pantau Banjir, Desak Pengadaan Pompa Air

-

DEMAK – Masa kampanye dimanfaatk­an cagub Jateng Ganjar Pranowo untuk meninjau banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, kemarin (22/2). Banjir di desa tersebut memang cukup memprihati­nkan. Nyaris seluruh desa terendam air setinggi perut orang dewasa. Sejumlah fasilitas desa praktis tidak berfungsi. Kegiatan belajar sebagian siswa Sekolah Dasar (SD) Sayung 1 bahkan harus dipindahka­n ke kantor Desa Sayung.

Jawa Pos Radar Semarang melaporkan, Ganjar menyisir lokasi banjir dengan perahu karet. Sembari melihat kondisi banjir, Ganjar menelepon pimpinan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana untuk menanyakan upaya pengentasa­n banjir di desa tersebut. Lewat saluran telepon, Ganjar menyampaik­an usulan warga untuk pengadaan pompa air. Sebab, lokasi permukiman berada di tanah cekungan. Pompa air yang diusulkan warga sebanyak empat unit. Satu unit seharga Rp 450 juta.

Menurut Ganjar, pengadaan pompa air merupakan permintaan yang realistis. Sebab, nyaris setiap musim hujan wilayah tersebut banjir. ’’Tadi dari BBWS katanya sudah diusulkan. Maka, tugas saya menguatkan itu. Mungkin kalau pompa air bisa saya carikan juga dari dana CSR (corporate social responsibi­lity, Red),’’ katanya.

 ?? ISTIMEWA ?? NAIK PERAHU KARET: Calon gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, kemarin.
ISTIMEWA NAIK PERAHU KARET: Calon gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia