Jawa Pos

Habib Rizieq Pulang, eh.. Ternyata Video Lawas

-

TEKA-TEKI kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia malah jadi bahan hoax. Kemarin (22/2) segelintir orang menyebarka­n isu bahwa pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu jadi pulang dan mendarat via Bandara Juanda, Surabaya.

Salah seorang pelaku yang ”tercyduk” menyebarka­n hoax itu adalah akun Facebook Choirul Rustam. Dia membagikan video yang menggambar­kan Rizieq dijemput banyak orang di bandara. Dia lalu menuliskan status, ”Melalui bandara juanda Surabaya, hawari solo berhasil jemput Habib Rizieq.”

Ada juga pemilik akun Facebook Anton Hermanto. Dia menuliskan status dan membagikan video yang sama seperti dimiliki Choirul Rustam. ”Akhirnya melalui Bandara Juanda Surabaya, Habib Rizieq Shihab pulang juga.. Selanjutny­a kita akan saksikan episode 2 bagaimana sebuah negara besar akan keteteran menghadapi ormas kecil,” tulis Anton.

Video yang dibagikan dua netizen sok tahu itu tentu hoax. Sebab, video yang menggambar­kan Rizieq di bandara tersebut bukan sekembalin­ya dari Arab Saudi. Melainkan itu video lawas saat Rizieq datang ke Surabaya untuk memberikan ceramah pada April 2017. Lucunya, meski yang disebarkan ketahuan hoax, akun Choirul Rustam tak ingin menghapus unggahanny­a.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia