Jawa Pos

TERIMA KASIH BENTENG TANGGUH

-

SEVILLE – Manchester United dan AS Roma sama-sama gagal meraih kemenangan dalam leg pertama 16 besar Liga Champions kemarin dini hari WIB (22/2). United bermain dengan skor kacamata (0-0) di kandang Sevilla, Ramon Sanchez Pizjuan. Adapun Roma malah takluk

1-2 oleh Shakhtar Donetsk di Metalist Stadium, Kharkiv.

Meski begitu, hasil tersebut tidak bisa dikatakan buruk. Sebab, United dan Romabisame­ndapatkan hasil yang lebih buruk seandainya tidak memiliki benteng tangguh. Ya, performa gemilang ditunjukka­n David de Gea (United) dan Alisson Becker (Roma) di bawah mistar gawang masing-masing.

De Gea misalnya. Berdasar statistik Opta, kiper nomor satu timnas Spanyol itu melakukan delapan kali penyelamat­an selama 90 menit. ”Saya merayakann­ya (setiap penyelamat­an De Gea, Red) selayaknya sebuah gol bagi United. Sebab, hal itulah yang bisa menyelamat­kan United,” puji Rio Ferdinand, mantan bek United yang juga pundit BT Sport.

Delapan penyelamat­an itu adalah rekor terbanyak dalam satu laga di Liga Champions. Bersanding dengan rekor kiper legendaris United Edwin van der Sar kala final Liga Champions 2010–2011. Di Liga Champions musim ini, De Gea juga masih menahbiska­n diri sebagai penjaga gawang dengan persentase penyelamat­an terbanyak (94,7 persen). Jauh di atas Tolga Zengin (Besiktas/90,9 persen) atau MarcAndre ter Stegen (Barcelona/87,5 persen).

Penyelamat­an terbaik De Gea kemarin terjadi saat mengeblok heading striker Sevilla Luis Muriel di pengujung babak pertama. Sundulan dari jarak 5,6 meter dan berkecepat­an 48 kilometer per jam itu dihalau De Gea dalam waktu 0,26 detik. ”Penyelamat­an terhebat dari kiper yang pernah saya hadapi,” ucap Muriel kepada Marca.

Berbeda dengan De Gea yang mengakhiri laga dengan clean sheet, Alisson dipaksa dua kali memungut bola dari dalam gawangnya saat menghadapi Shakhtar. Padahal, portiere 25 tahun itu sukses mengeblok enam tembakan tepat sasaran lainnya.

Terlepas dari itu, musim ini sudah menjadi musim yang luar biasa bagi dia. Kepergian Wojciech Szczesny ke Juventus membuat dia naik pangkat menjadi kiper nomor satu Gialloross­i. Bahkan, pelatih timnas Brasil Tite lebih memercayai­nya sebagai kiper utama Selecao jika dibandingk­an dengan Ederson Moraes, penjaga gawang termahal dunia milik Manchester City. Sepanjang berkostum Selecao, Becker mengoleksi 13 clean sheet dari 22 caps sejak 14 Oktober

2015.

 ?? EFREM LUKATSKY/AP MIGUEL MORENATTI/AP ?? GEMILANG: Alisson Becker dan David de Gea (kanan) melakukan banyak penyelamat­an dalam leg pertama 16 besar Liga Champions kemarin dini hari WIB (22/2).
EFREM LUKATSKY/AP MIGUEL MORENATTI/AP GEMILANG: Alisson Becker dan David de Gea (kanan) melakukan banyak penyelamat­an dalam leg pertama 16 besar Liga Champions kemarin dini hari WIB (22/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia