Jawa Pos

Satpol PP pun Berlatih Menyelam

-

SURABAYA – Tim Becak Air Satpol PP Surabaya berlatih menyelam di Kalimas, dekat Taman Prestasi, kemarin (22/2). Para senior mengajari juniornya yang baru bergabung di satpol PP.

Komandan Peleton Tim Becak Air Satpol PP Surabaya Dedik Hasansyam menerangka­n bahwa pasukan yang baru direkrut sedang menjalani masa orientasi. Kemampuan dasar berenang dan menyelam diajarkan oleh anggota tim becak air yang sudah memegang lisensi menyelam. ”Enggak semua masuk ke becak air. Kemungkina­n kami menambah 10 orang saja,” jelasnya.

Kemampuan menyelam tersebut dibutuhkan untuk mengevakua­si jenazah yang tenggelam di sungai. Sebab, di Surabaya kasus semacam itu kerap terjadi. Latihan kemarin sebatas cara menceburka­n diri ke air. Karena itu, peserta hanya dilengkapi baju pelampung. Setelah menguasai teknik paling dasar tersebut, mereka bakal beralih ke kolam renang untuk pengenalan alat selam. ”Pekan depan di kolam renang kodam,” ujar pria yang memegang lisensi menyelam dari Dinas Penyelamat­an Bawah Air Komando Armada RI Kawasan Timur ( Dislambair Koarmatim) tersebut.

Tugas tim becak air tahun ini lebih berat. Wali Kota Tri Rismaharin­i telah membelikan mereka perahu karet baru beserta mesinnya. Kabarnya, pasukan juga bakal didukung dengan peralatan speedboat. Karena itulah, pasukan becak air kini lebih sering terjun ke air tanpa menunggu kejadian.

Tidak hanya di sungai. Tim juga menyisir wilayah pantai Surabaya untuk mencari pelanggara­n wilayah. Biasanya warga memasang terucuk bambu untuk memperluas lahan milik mereka.(sal/c6/git)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MASA ORIENTASI: Anggota baru satpol PP diajari cara back roll untuk masuk ke air kemarin (22/2). Itu adalah salah satu teknik dasar sebelum belajar menyelam.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MASA ORIENTASI: Anggota baru satpol PP diajari cara back roll untuk masuk ke air kemarin (22/2). Itu adalah salah satu teknik dasar sebelum belajar menyelam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia