Jawa Pos

Dongkrak Jumlah Pelajar Indonesia di AS

-

SURABAYA – Ketertarik­an siswa Indonesia melanjutka­n studi ke luar negeri dimanfaatk­an pemerintah Amerika Serikat (AS). Berbagai macam kemudahan dan pilihan yang diberikan didesain untuk meningkatk­an jumlah pelajar Indonesia di AS. Konsul Jenderal (Konsul) Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava membuka Education USA Southeast Asia Fair di Isyana Ballroom, Bumi Surabaya City Resort, kemarin (22/2).

Variava menjelaska­n, pameran pendidikan menjadi agenda rutin yang diselengga­rakan oleh pemerintah AS. ’’Satu tahun bisa dua hingga tiga kali,’’ jelasnya. Pada tahun ini, pameran tersebut diadakan di tiga kota. Selain Surabaya, dua kota yang lain adalah Jakarta dan Medan.

Dia optimistis acara itu bisa menarik perhatian siswa Indonesia untuk belajar di AS. Saat ini, lanjut dia, tercatat 9 ribu pelajar Indonesia di AS. ’’Kami berharap agar jumlahnya meningkat lagi. Targetnya adalah 18 ribu pada 2020,’’ kata perempuan asli Cedar Rapids, Iowa, tersebut.

Dalam even kemarin, terdapat 28 universita­s dari AS yang turut serta. Juga ikut perwakilan dari lembaga penyedia beasiswa sekolah ke luar negeri. Itu diberlakuk­an untuk segala jenjang pendidikan. Mulai program sarjana hingga doktoral. Beberapa universita­s yang ikut pameran kemarin, antara lain, The University of Texas, Universita­s California, dan Universita­s New York. ’’Pengunjung bebas bertanya dan mencari informasi sepuasnya,’’ kata Variava.

 ?? GHOFUUR EKA/ JAWA POS ?? TAMBAH INFORMASI: Petugas di stan University of Michigan-Flint memberikan penjelasan kepada pengunjung Education USA Southeast Asia Fair di Bumi Surabaya City Resort kemarin.
GHOFUUR EKA/ JAWA POS TAMBAH INFORMASI: Petugas di stan University of Michigan-Flint memberikan penjelasan kepada pengunjung Education USA Southeast Asia Fair di Bumi Surabaya City Resort kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia