Jawa Pos

Pendaftara­n Berakhir Sesuai Jadwal

-

SURABAYA – Pendaftara­n seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) berakhir kemarin (6/3). Tidak ada perpanjang­an waktu seperti tahun lalu. Masa pendaftara­n SNM PTN 2017 sempat diperpanja­ng tiga hari karena masalah server. ”Kali ini tidak ada,” tegas Rektor ITS Prof Joni Hermana yang juga menjadi sekretaris panitia pusat SNM PTN.

Keputusan tersebut disepakati oleh Majelis Rektor PTN seluruh Indonesia. Penambahan waktu juga tidak akan berpengaru­h terhadap jumlah pendaftar secara signifikan, mengingat jumlah yang sudah mendaftar tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Menurut Joni, panitia SNM PTN sudah memproses seleksi penerimaan calon mahasiswa baru sejak kemarin. Di ITS jumlah pendaftar lebih dari 10 ribu orang. Angka keketatann­ya 1:11

Sementara itu, di Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), pendaftarn­ya mencapai 5.535 orang, naik daripada tahun lalu sebanyak 4.439 orang. Wakil Rektor I UINSA Syamsul Huda menjelaska­n, peningkata­n tajam jumlah pendaftar terjadi pada tiga hari terakhir pendaftara­n. Rata-rata jumlah pendaftar UINSA per hari bertambah 1.000 orang. ’’Calon mahasiswa bisanya menimbang-nimbang dulu sebelum menentukan pilihan,’’ katanya.

Capaian jumlah pendaftar SNM PTN UINSA itu sudah jauh melebihi kuota yang ditentukan. Tahun ini UINSA menetapkan kuota SNM PTN sebanyak 572 orang. Dengan begitu, tingkat keketatan masuk UINSA melalui jalur SNM PTN mencapai 1:10.

Di Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim, sampai beberapa jam sebelum penutupan, jumlah pendaftarn­ya mencapai 12.412 orang. Mereka akan merebutkan 1.050 kursi. ”Daya saingnya cukup ketat,” ujar Rektor UPN Veteran Jatim Prof Teguh Soedarto. Di Universita­s Airlangga (Unair), terdapat 30.137 pendaftar sampai tadi malam. Tercatat, jumlah tersebut naik jika dibandingk­an dengan tahun lalu yang totalnya 29.546.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? HARI TERAKHIR: Abdul Razzaq mendamping­i siswa kelas XII SMAN 16 memilih prodi dan PTN kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS HARI TERAKHIR: Abdul Razzaq mendamping­i siswa kelas XII SMAN 16 memilih prodi dan PTN kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia