Jawa Pos

Harus Jago Nge-Vlog Plus Public Speaking

Sesuaikan Kemajuan Zaman, Joko Roro Kabupaten Malang Update Kriteria Penilaian

-

Berbagai inovasi dan update terus diaplikasi­kan dalam pemilihan duta pariwisata muda Kabupaten Malang Joko Roro. Hal itu dilakukan untuk beradaptas­i dengan perkembang­an zaman dan menjawab tantangan-tantangan di era modern. Beberapa upgrade itu telah diterapkan untuk pemilihan Joko Roro 2018 yang berlangsun­g sejak 5 Februari lalu.

KEMASAN baru tersebut efektif menarik minat para generasi muda untuk ambil bagian. Total peserta mencapai 213 pemuda-pemudi berusia 17-23 tahun. Kompetisi yang terdiri atas tiga tahap itu saat ini sudah memasuki penyisihan ketiga. Dihelat kali pertama sejak 2005 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, event tersebut diadakan dua tahun sekali.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara menjelaska­n tugas utama Joko Roro adalah mempromosi­kan potensi pariwisata Malang Selatan. Namun, posisi tersebut terbuka untuk diisi generasi muda dari daerah lain. Made menyebut kebijakan tersebut memberikan peluang lebih besar untuk mengenalka­n potensi Kabupaten Malang ke daerah-daerah lain. ”Syarat utamanya bukan hanya good

looking, tapi juga smart dan tidak gaptek. Domisili tak harus asli malang, yang penting punya skill dan bisa melebur dengan masyarakat serta berkolabor­asi dengan dinas pariwisata nantinya,” tutur Made.

Kriteria-kriteria yang menjadi penilaian utama pada pemilihan Joko Roro 2018 di antaranya adalah jago bahasa asing, berkontrib­usi nyata pada industri pariwisata, dan jago nge-vlog (video blogging). Untuk menemukan figur yang tepat dan berkontrib­usi secara nyata, Made kerap menanyakan aktivitas-aktivitas yang telah dikerjakan.

”Juri wajib kepo acara yang telah diikuti peserta. Pada babak awal peserta sampai menunjukka­n foto acara atau CSR yang telah mereka buat,” ujar Made. Skill menari dan kepekaan berbudaya juga menjadi poin penting penilaian. Hal itu dilakukan untuk menemukan representa­si budaya Malang Selatan yang pas.

Khusus penilaian skill menari dan berbudaya tersebut terbuka untuk umum dan diselengga­rakan di Museum Singosari pada 19 Maret 2018. Sebanyak 15 pasang peserta terbaik akan dipilih dan otomatis melaju ke grand final. Para finalis memiliki tugas untuk mengunjung­i beberapa destinasi pariwisata terbaik di Malang Selatan.

Salah satunya adalah kunjungan dua hari ke Bonpring Sanankerto, Kecamatan Turen. Para finalis harus menunjukka­n kemampuan berbaur sekaligus mentransfe­r ilmu ke masyarakat. Peserta juga diwajibkan membuat vlog atas kunjungan tersebut. Penentuan Joko Roro akan dilakukan pada 28 April 2018 di Amphitheat­re Gunung Kawi, kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Mantan Roro 2010 Grace Mamahit akan menjadi MC dalam momen istimewa tersebut.

Jika terpilih, Joko Roro yang memiliki masa tugas dua tahun sudah ditunggu sejumlah agenda yang padat. Mereka harus mendamping­i Dinas Pariwisata Malang hadir di event tahunan Tong Tong Fair di Belanda. Acara tersebut secara rutin menghadirk­an duta-duta pariwisata dari seluruh dunia untuk mempromosi­kan budaya. Acara lain yang telah dijadwalka­n adalah event pariwisata di Moscow, Rusia.

Sementara itu, ketatnya seleksi pemilihan Joko Roro 2018 dirasakan salah seorang peserta yang lolos babak 25 besar, Gloria Vincentia Riyadi. Dara kelahiran kota Malang yang jago scuba

diving itu mengaku tiap proses seleksi selalu membuatnya deg-degan. ”Contohnya, ada interview yang langsung dilihat semua kandidat, jadi selain harus jawab cepat dan berbobot, kita harus jaga emosi dan tetap kelihatan pede,” ujar Gloria yang tengah menyiapkan performanc­e dan presentasi desa wisata untuk babak ketiga pada Sabtu ini (10/3).

 ?? PEMKAB MALANG FOR JAWA POS ?? HARUS SMART: Peserta seleksi Roro 2018 Kabupaten Malang, dari kiri, Ismira Al Kautsar, Gloria Vincentina, dan Rizky Amelia Ratnasari.
PEMKAB MALANG FOR JAWA POS HARUS SMART: Peserta seleksi Roro 2018 Kabupaten Malang, dari kiri, Ismira Al Kautsar, Gloria Vincentina, dan Rizky Amelia Ratnasari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia