Jawa Pos

Lallana Masih Tiga Singa

-

’’SELAMA era kepemimpin­anku, Adam (Lallana) salah seorang pemain terbaik kami. Suatu waktu nanti, saya ingin dia kembali bersama kami,’’ sebut pelatih timnas Inggris Gareth Southgate saat diwawancar­ai The Telegraph

pada Oktober lalu. Ya, Lallana saat itu dibekap cedera hamstring

parah. Cedera yang memaksanya absen dalam enam laga The Three Lions alias Tiga Singa, julukan timnas Inggris.

Padahal, di tangan Southgate, Lallana menjadi trio di belakang Harry Kane bersama Raheem Sterling dan Dele Alli. Lallana bermain sebagai sayap kiri, sama dengan posisinya dalam Liga Champions melawan FC Porto kemarin WIB (7/3). ’’Saya pun seperti terlahir kembali,’’ ucap Lallana, dikutip Liverpool Echo.

Ini adalah kali ketiga Lallana dimainkan sebagai starter oleh tactician Liverpool Juergen Klopp. Lallana mengawalin­ya sebagai starter pada laga melawan Burnley (1/1), lalu disusul derby

Merseyside kontra Everton pada putaran ketiga Piala FA (5/1).

Bedanya, kemarin untuk kali pertama Lallana bermain penuh 90 menit. Meski tanpa gol atau assist,

dia mampu mencatatka­n pergerakan yang paling aktif jika dibandingk­an dengan Sadio Mane dan Roberto Firmino, rekannya dalam front three

Liverpool. Di laga itu, Lallana mencatat 62 sentuhan bola.

Lallana juga melakukan passing

lebih banyak ketimbang Mane dan Firmino. Dia melakukan 44 kali passing. Data Sky Sports

menunjukka­n, area jelajah Lallana tidak cuma berada di sisi kiri. Winger berusia 29 tahun tersebut sukses mengisi celah yang ditinggalk­an Mane di sisi kanan.

’’Permainan dia (Lallana) keren malam ini. Dia sudah menunjukka­n sebagus apa dirinya,’’ puji Klopp dalam wawancaran­ya di situs resmi klub. Klopp mengakui, menyegel posisi sayap kiri timnya tak akan mudah. Apalagi, Super Mane yang biasa menempati sisi itu tengah on fire belakangan ini.

Kemarin Mane dipasang di sisi kanan karena Mohamed Salah harus duduk di bangku cadangan. Tetapi, dengan Liverpool yang masih bermain di Premier League dan Liga Champions, peluang Lallana masih terbuka. ’’Saya yakin dia mampu mencapai level terbaik. Sebab, setiap latihan, dia pun selalu menekan dirinya untuk sampai pada level tertinggi,’’ tutur Klopp.

 ?? DAVE THOMPSON/AP ?? MENUJU LEVEL TERBAIK: Adam Lallana berebut bola dengan gelandang FC Porto Andre Andre di Anfield kemarin. Lallana masih berambisi membela Inggris di Piala Dunia 2018.
DAVE THOMPSON/AP MENUJU LEVEL TERBAIK: Adam Lallana berebut bola dengan gelandang FC Porto Andre Andre di Anfield kemarin. Lallana masih berambisi membela Inggris di Piala Dunia 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia