Jawa Pos

Yakin Bisa Selesai Sesuai Target

Pembanguna­n Flyover JLLB-TTL Resmi Dimulai

-

SURABAYA – Proyek pengerjaan flyover yang menghubung­kan Terminal Teluk Lamong (TTL) dan jalan lingkar luar barat (JLLB) resmi dimulai kemarin pagi (7/3). Kegiatan berlangsun­g meriah. Segenap jajaran direksi PT Pelindo III mengenakan pakaian olahraga dalam kesempatan tersebut. Sebelumnya, mereka bersepeda dari kantor PT Pelindo III di Jalan Perak Timur menuju Teluk Lamong.

Acara pemasangan tiang pancang pertama tersebut dipimpin langsung oleh CEO PT Pelindo III Ari Askhara. Dia mengatakan, dengan adanya jembatan layang tersebut, nanti pergerakan arus barang dari dan menuju pelabuhan semakin cepat. ”Saya juga berharap kemacetan akan berkurang karena kendaraan langsung terhubung ke jalan tol,” lanjutnya.

Koordinato­r Proyek Unit Teluk Lamong M. Harry Dharmawan menyatakan, pihaknya optimistis pengerjaan­nya selesai dalam 12 bulan ke depan. Rekanan yang mengerjaka­n adalah PT Wijaya Karya (Wika). Pembanguna­nnya juga menggunaka­n metode terkini, yakni unibridge. Perawatan akan lebih mudah karena jembatan tidak menggunaka­n baut, tetapi pin untuk menyambung setiap komponenny­a. Total dana untuk membangun fisik jembatan tersebut Rp 1,3 triliun.

Dia menambahka­n, pihaknya optimistis penyelesai­an jembatan layang tersebut akan dibarengi tuntasnya JLLB. ”Memang, JLLB sampai sekarang belum selesai dibangun. Tapi, saya harap ketika flyover ini selesai, JLLB juga sudah selesai,” paparnya.

Menurut dia, JLLB dan flyover merupakan proyek penting. Ada banyak pihak yang diuntungka­n dalam proyek tersebut. ”Saya harap pemkot juga segera menyelesai­kan JLLB itu tahun depan,” terangnya.

Selain kegiatan pemancanga­n pertama, kemarin dilakukan penandatan­ganan memorandum of collaborat­ion (MoC) Pelindo III dengan sejumlah BUMN lain. Ada sejumlah perwakilan BUMN yang hadir kemarin. Yakni, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Bahana Artha Ventura, PT Asuransi Jiwasraya, serta PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari.

 ?? GALIH TJOKRO/JAWA POS ?? HARI PERTAMA: Pembanguna­n flyover yang menghubung­kan JLLB dan Terminal Teluk Lamong mulai dikerjakan kemarin. Tiang pancang pertama telah dipasang.
GALIH TJOKRO/JAWA POS HARI PERTAMA: Pembanguna­n flyover yang menghubung­kan JLLB dan Terminal Teluk Lamong mulai dikerjakan kemarin. Tiang pancang pertama telah dipasang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia