Jawa Pos

Ajak Anjing ’’Bergaul’’

-

SURABAYA – Memelihara anjing adalah sebuah komitmen. Kalau sudah komit, tanggung jawab pemelihara adalah memenuhi kebutuhan anjing. Topik tentang suka-duka merawat anjing dibahas sekumpulan perempuan penggemar anjing di Food Junction, Tandes, kemarin (7/3).

Deretan selebgram Surabaya seperti Wenny Sukamto, Samantha Bowlin, Anggie Rose, dan Ajeng Denisce berkumpul bersama anjing mereka. Dalam kesempatan tersebut, anjing dapat dilatih untuk bersosiali­sasi. ’’Kadang, jika belum kenal, mereka agresif. Harus dilatih supaya tidak merasa terancam,” kata Anggie.

Anggie membawa Orin, anjing kesayangan­nya yang berjenis pomeranian. Anjing berbulu cokelat itu berusia 2 tahun. Lincah dan sedikit keras kepala. Namun, kepada Anggie, Orin sangat manja dan senang bermain.

Sementara itu, Ajeng membawa Boy si anjing samoyed. Anjing ras murni asal Siberia tersebut memiliki kekuatan yang besar. Boy kini berusia 2 tahun dengan bobot 40 kg. Meski jinak dan penurut, Boy menjadi aktif saat bertemu anjing jenis lain. Ajeng pun hampir terjatuh saat menahan tali kendali yang terpasang di leher Boy.

Samoyed merupakan salah satu anjing ras yang banyak diminati. Karakter anjing samoyed yang ramah dan mudah bersosiali­sasi membuat banyak orang ingin memelihara­nya. Anjing yang dikenal memiliki wajah yang selalu tersenyum tersebut identik dengan bulu tebal nan cantik.

Menurut pencinta sekaligus breeder samoyed Budi Nata, anjing jenis itu tergolong pintar karena mudah dilatih. Jenis lain yang tak kalah pintar adalah Belgian malinois, golden retriever, dan poodle.

Budi menuturkan, melatih anjing memerlukan ketelatena­n. ’’Sifat anjing tidak jauh beda dengan majikan. Dia bisa melihat mata hati manusia. Jika majikannya pemarah, dia ikut jadi pemarah,” terang anggota Klub Samoyed Indonesia itu. Tak hanya meniru sifat, anjing memiliki insting dan kepekaan terhadap rumah majikannya. ”Dia tahu siapa pemimpinny­a. Walaupun yang kasih makan orang lain,” tambahnya.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? FLUFFY: Samantha Bowlin dan Anggie Rose (kanan) bercanda dengan anjing peliharaan mereka. Foto kiri, Wenny Sukamto (kanan) dan Ajeng Denisce memelihara anjing samoyed dan pomeranian.
GALIH COKRO/JAWA POS FLUFFY: Samantha Bowlin dan Anggie Rose (kanan) bercanda dengan anjing peliharaan mereka. Foto kiri, Wenny Sukamto (kanan) dan Ajeng Denisce memelihara anjing samoyed dan pomeranian.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia