Jawa Pos

Buah Palsu Dikira Asli

-

KARYA unik seniman luar negeri sering kali menjadi bahan informasi yang keliru. Misalnya buah loofah palsu berbentuk payudara perempuan karya seniman instalasi asal Vietnam Nguyen Thi Hoai Tho. Sejumlah blog dan situs berita menganggap­nya sebagai buah alami.

Sebuah situs berita di tanah air bahkan memasukkan buah tersebut dalam tulisannya yang berjudul 7 Tumbuhan Ini Memang Mirip Organ Vital Manusia, Jangan Ngeres!. Satu di antara tujuh tumbuhan itu ternyata buah loofah palsu karya Hoai Tho.

Loofah palsu itu memang dibuat mirip payudara. Hoai Tho memang ingin menyampaik­an pesan tentang feminitas. Buah loofah tersebut dibuat dengan silikon dan komposit. Hoai Tho sering membawa karyanya itu untuk pameran di sejumlah negara. Termasuk pernah dipamerkan di Singapore Art Museum.

Dari referensi sejumlah situs pertanian, tak ada yang menyebutka­n adanya buah loofah yang berbentuk payudara seperti karya Hoai Tho. Buah loofah sering disebut luffa. Di Indonesia, biasa dikenal sebagai gambas atau oyong. Buah itu bisa dimasak sebagai sayuran. Juga bisa digunakan sebagai sabut pencuci piring.

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ?? Tidak ada penelitian yang membuktika­n bahwa memakan udang dan vitamin C secara bersamaan dapat mengakibat­kan kematian. Foto yang digunakan dalam pesan yang beredar juga palsu.
WAHYU KOKKANG/JAWA POS Tidak ada penelitian yang membuktika­n bahwa memakan udang dan vitamin C secara bersamaan dapat mengakibat­kan kematian. Foto yang digunakan dalam pesan yang beredar juga palsu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia