Jawa Pos

Sesuaikan Ragam Gaya Mengemudi

Variasi Transmisi Matik yang Ikuti Kebutuhan Konsumen

-

Macam-macam pilihan transmisi pada kendaraan semakin beragam. Jika sebelumnya yang cukup populer dikenal hanya automatic transmissi­on (AT) dan manual transmissi­on (MT), sekarang transmisi otomatis ditawarkan dengan teknologi beragam.

MESKI merupakan salah satu pabrikan pionir yang memperkena­lkan transmisi otomatis.

Di Indonesia sendiri, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah komposisi penjualan kendaraan otomatis terus meningkat. ’’Pembeli mobil di kota besar cenderung memilih mobil bertransmi­si matik,’’ ujar Marketing Director Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia Osamu Iwaba.

Selain AT konvension­al, pabrikan otomotif mulai menyematka­n transmisi CVT (continous variable transmissi­on) dan semi-otomatis. AT dan CVT sekilas sama. Namun, ada perbedaan yang cukup mendasar di antara keduanya. Dari sistem komponen, CVT menggunaka­n perangkat pully dan belt sebagai komponen utama penggerak transmisi. Transmisi CVT terdapat di sejumlah produk yang populer seperti di Honda CR-V, Toyota New Yaris, dan Datsun Cross.

Selanjutny­a, pada AT konvension­al, perpindaha­n transmisi digerakkan seperangka­t planetary gear set. Transmisi jenis itu ditemui di produk seperti Toyota Avanza, Agya, dan Daihatsu All New Terios.

Karena perbedaan mendasar tersebut, AT dan CVT memiliki karakter yang berbeda pula. CVT sangat halus dalam perpindaha­n gigi, tapi tak cukup bertenaga untuk berakseler­asi. Selanjutny­a, AT memiliki akselerasi yang baik, tapi hentakan perpindaha­n gigi terasa.

’’Di sisi lain, CVT sangat efisien di dalam kota karena fleksibili­tas pergeseran belt, perluasan cakupan rasio, dan peningkata­n efisiensi,’’ ujar Manager Service Division PT Honda Prospect Motor Muhammad Zuhdi. Namun, untuk sektor perawatan, AT konvension­al cenderung lebih mudah. Sebab, maintenanc­e seperti penggantia­n oli untuk mobil CVT harus mengikuti standar oli rekomendas­i dari diler resmi.

Selain kedua transmisi di atas, ada jenis transmisi semi-otomatis yang membuat pengendara bisa menaikturu­nkan gigi secara manual meski tanpa kopling. Variasi tersebut berfungsi mengakomod­asi para pengguna yang kurang percaya diri untuk mengandalk­an perpindaha­n gigi otomatis di medan tertentu. Misalnya, saat salip menyalip atau tanjakan dan turunan dengan banyak manuver.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? ada beragam jenisnya, garis besar transmisi otomatis tetaplah sama. Yaitu, membebaska­n pengemudi dari pedal kopling dan tuas persneling transmisi. Sistem transmisi otomatis juga bukan hal baru. Teknologi tersebut dikembangk­an sejak 1930. General Motors...
MUHAMAD ALI/JAWA POS ada beragam jenisnya, garis besar transmisi otomatis tetaplah sama. Yaitu, membebaska­n pengemudi dari pedal kopling dan tuas persneling transmisi. Sistem transmisi otomatis juga bukan hal baru. Teknologi tersebut dikembangk­an sejak 1930. General Motors...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia