Jawa Pos

Ruas Tol Ngawi–Wilangan Siap Dioperasik­an

-

JAKARTA – Tol Ngawi–Kertosono ruas Ngawi– Wilangan sepanjang 49,8 kilometer siap dioperasik­an dalam waktu dekat. Kepala Biro Komunikasi Publik Kementeria­n PUPR Endra S. Atmawidjaj­a menuturkan, ruas tol di wilayah Jawa Timur itu telah memenuhi seluruh aspek layak fungsi.

Mulai keamanan, keselamata­n, hingga kenyamanan. ”Semua proses sudah selesai, tinggal menunggu suratnya terbit. Setelah suratnya terbit, kami akan langsung sampaikan ke presiden untuk bisa beroperasi,” tutur Endra kepada Jawa Pos kemarin (8/3).

Soal kapan persisnya ruas tol tersebut bisa dibuka untuk umum, Endra mengatakan belum mendapatka­n kepastian. Kepastian, papar dia, baru bisa diketahui setelah ada instruksi dari presiden. Menurut Endra, jika memungkink­an, presiden akan meresmikan langsung ruas tersebut. Namun, jika tidak, biasanya ruas tol langsung dioperasik­an dengan memberikan pengumuman.

”Ini kan termasuk ruas tol yang panjang. Biasanya, presiden akan meresmikan dulu, baru dioperasik­an untuk umum,” terang Endra.

Setelah tol Ngawi–Kertosono, tol Solo–Ngawi ruas Kartasura–Sragen akan menyusul dioperasik­an. Kementeria­n PUPR menargetka­n ruas tersebut bisa beroperasi April mendatang. Saat ini konstruksi yang menjadi porsi pemerintah sudah selesai 100 persen. Sementara itu, yang dikerjakan PT SNJ sudah mencapai 85 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia