Jawa Pos

Siaran Langsung 300 Pertanding­an

-

MUSIM ini hak siar Liga 1 dan Liga 2 berada di tangan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group yang membawahka­n Indosiar dan O Channel. Selain mereka, tvOne yang merupakan pemegang hak siar musim lalu masih mendapat bagian meski kecil.

Rencananya, ada 300 pertanding­an dari Liga 1 dan Liga 2 yang ditayangka­n secara langsung melalui televisi. Perinciann­ya, 90 persen tayangan langsung Liga 1 di Indosiar dari total 238 laga serta sisanya di O Channel dan tvOne. Khusus tvOne, mereka akan mendapat jatah satu laga per pekan.

”Kami memberikan hak siar kepada tvOne supaya lebih banyak pertanding­an yang disiarkan. Itu terjadi karena hanya tvOne yang berminat. Kami pun memberikan hak penyiaran tersebut secara gratis kepada mereka,” ujar Direktur Program Emtek Group Harsiwi Achmad.

Lalu, 68 pertanding­an Liga 1 lainnya akan ditayangka­n melalui streaming. Adapun untuk Liga 2, distribusi­nya adalah 62 laga siaran langsung, sedangkan 56 laga lainnya streaming. Produksi masih akan ditangani GTS (Gelora Trisula Semesta) seperti musim lalu.

Dia juga menjelaska­n, tayangan via streaming bakal dimaksimal­kan melalui jaringan media online mereka musim depan. ”Dari analisis, dulu hanya ada beberapa klub yang menjadi daya tarik. Berdasar Piala Presiden, potensi pertanding­an menarik hampir di setiap pertanding­an,” terangnya.

Soal tayangan mana saja yang dibagi untuk Indosiar, O Channel, dan tvOne, belum ada keputusan. Masih dipilah oleh pemegang hak siar dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Menurut Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan, secara komersial kompetisi musim depan meningkat.

”Tetapi, biaya pertanding­an live juga tinggi. Ada peningkata­n pemasukan, tapi juga sekaligus kenaikan pengeluara­n,” kata Berlinton. Dia menambahka­n, kerja sama PT LIB dengan Emtek Group bakal berlangsun­g selama lima tahun. Namun, mereka enggan menyebutka­n detail nominal kerja sama itu.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SUDAH SIAP: Para pemain PSMS berlatih di Stadion Manahan, Solo, ketika bertarung dalam babak delapan besar Piala Presiden 2018 lalu.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SUDAH SIAP: Para pemain PSMS berlatih di Stadion Manahan, Solo, ketika bertarung dalam babak delapan besar Piala Presiden 2018 lalu.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? TINGGI: Musim ini hak siar Liga 1 berada di tangan Emtek Group yang mewadahi Indosiar dan O Channel.
ANGGER BONDAN/JAWA POS TINGGI: Musim ini hak siar Liga 1 berada di tangan Emtek Group yang mewadahi Indosiar dan O Channel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia