Jawa Pos

Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun

- BOBBY ARIFIN

BARCELONA – Sejak hari pertama uji coba pramusim di Circuit de Barcelona-Catalunya pekan kedua, Ferrari tak pernah menjamah ban yang berkompon lebih lunak daripada soft. Tapi, begitu menjajalny­a pada hari ketiga kemarin, rekor lap langsung dipecahkan. Adalah Sebastian Vettel di belakang kemudi SF71H supercepat itu. Pembalap Jerman tersebut mengepras habis-habisan catatan waktunya ketika menggunaka­n ban yang baru diperkenal­kan musim ini, hypersoft. Catatannya dari 1 menit 17,644 detik; kemudian 1 menit 17,279 detik; dan akhirnya menembus 1 menit 17,182 detik.

Rekor sebelumnya dipegang Felipe Massa pada uji coba pramusim 2008. Catatan waktunya 1 menit 18,339 detik. Saat itu pembalap Brasil tersebut menunggang Ferrari bermesin V8.

Vettel mengakhiri sesi pagi sebelum jeda makan siang sebagai yang tercepat. Catatan waktunya lebih cepat 1,176 detik daripada pembalap Haas-Ferrari Kevin Magnussen yang menggunaka­n ban supersoft. Ban yang dipakai Magnussen itu dua level lebih keras ketimbang hypersoft.

’’Pembalap Ferrari tersebut nyaris dua detik lebih cepat daripada pembalap di P2 (posisi kedua). Luar biasa!’’ cuit akun resmi Formula 1.

Mercedes memilih tidak mengikuti program Ferrari. Valtteri Bottas yang turun pada sesi pagi berfokus pada long run. Dia menjadi pembalap paling produktif dengan melibas 97 lap selama empat jam sesi pagi. Juara bertahan Lewis Hamilton mengambil alih kendali pada sesi sore.

Lepas jeda makan siang, Ferrari menyiapkan mobil agar Vettel bisa melakukan simulasi balapan. Setelah itu, juara dunia empat kali Formula 1 tersebut mampu menyelesai­kan 55 lap dalam dua stint. Jumlah lap pada balapan sebenarnya adalah 66 putaran. Laporan dari Barcelona

 ?? MOTOGP ?? MENANTANG: Bintang Ducati asal Spanyol Jorge Lorenzo saat menggeber motornya pada uji coba pramusim di Chang Internatio­nal Circuit, Buriram, Thailand (17/2).
MOTOGP MENANTANG: Bintang Ducati asal Spanyol Jorge Lorenzo saat menggeber motornya pada uji coba pramusim di Chang Internatio­nal Circuit, Buriram, Thailand (17/2).
 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? TANGGUH: Bintang Ferrari Sebastian Vettel tampil sangat cepat pada uji coba pramusim di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, kemarin.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS TANGGUH: Bintang Ferrari Sebastian Vettel tampil sangat cepat pada uji coba pramusim di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia