Jawa Pos

Dua Menteri Inspeksi Uji Kir Taksi Online

-

SURABAYA – Menteri Koordinato­r Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi mengunjung­i UPTD pengujian kendaraan bermotor di Wiyung kemarin (8/3). Mereka ingin memastikan layanan uji kendaraan bermotor untuk taksi online yang selama bulan ini dibebaskan dari biaya berjalan lancar.

Keduanya datang beserta rombongan pada pukul 12.30 dan langsung menuju tempat uji kendaraan. Satu per satu pos pemeriksaa­n kendaraan dicek. Mulai pos uji rem, uji lampu, hingga fisik mesin. Ada 200 kendaraan yang melakukan uji kendaraan saat itu. Perinciann­ya, 100 taksi online, 50 angkutan umum, dan 50 angkutan konvension­al

Sesaat setelah mengecek rangkaian uji kendaraan, keduanya mengobrol dengan Lukas, seorang pengemudi taksi online. Mereka bertanya pendapat Lukas tentang layanan tersebut. ”Senang sekali, terima kasih, Pak,” jawab Lukas.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian, Luhut kemudian meletakkan peneng tanda lolos uji kendaraan bermotor pada mesin mobil milik Lukas. ”Jangan sampai setelah ini ada ribut-ribut lagi. Hidup ini ada aturannya,” terang Luhut.

Luhut menyatakan, selama Maret biaya uji kir bagi taksi online digratiska­n. Pemerintah pusat telah menganggar­kan dana khusus untuk hal itu. Pemerintah juga menyubsidi pembuatan SIM A umum yang menjadi SIM pengemudi taksi online. ”APBN yang bayar,” terangnya.

Dia menambahka­n, peneng uji kirtaksion­linemendap­atperlakua­n berbeda.Diangkutan­umumpeneng terlihat jelas di tubuh kendaraan. Namun, tidak demikian peneng di kendaraan online yang dipasang pada permukaan mesin dan tertutup bodi atau kap mobil. ”Kalau kelihatan, mungkin malu. Kan ini kendaraan pribadi juga,” katanya.

Luhut juga menyatakan bahwa pemerintah sudah melakukan pembatasan jumlah pengemudi taksi online. Penyedia layanan atau aplikator diimbau untuk menghentik­an perekrutan pengemudi.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? LIHAT LANGSUNG: Menko Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Menhub Budi Karya Sumadi di UPTD pengujian kendaraan bermotor kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS LIHAT LANGSUNG: Menko Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Menhub Budi Karya Sumadi di UPTD pengujian kendaraan bermotor kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia