Jawa Pos

Ciptakan Makanan Anjing dengan Kandungan Seimbang

-

SURABAYA – Makanan bagi hewan peliharaan, apalagi anjing, memang banyak dijual di pasaran. Namun, belum tentu semua itu cocok. Dalam penelitian sebagai tugas akhir grade kesepuluh, siswi Sekolah Ciputra Gisela Keyla Mathea menemukan kekurangan tersebut.

Dia penasaran dengan kandungan dalam makanan anjing. Berdasar komposisi di bungkus, terlihat bahwa kandungan karbohidra­t cukup banyak. Protein dan sumber gizi lain yang dibutuhkan kurang terpenuhi. Anjing bisa mengalami kegemukan karena kebanyakan karbohidra­t dan gula.

Karena itu, dia menciptaka­n formula sendiri untuk membuat makanan anjing yang kandungann­ya seimbang. Racikan diberi nama Pawsoo. Yakni, akronim dari pawnganan asu. Keyla mencampurk­an wortel, daging cincang, brokoli, dan kacang panjang. ’’Makanan anjing di pasaran, rupanya, berbasis karbohidra­t. Padahal, itu tidak bagus untuk pencernaan anjing,’’ tutur siswa kelas X itu.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TUGAS AKHIR: Gisela Keyla Mathea memperliha­tkan makanan anjing buatannya yang diberi nama Pawsoo.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TUGAS AKHIR: Gisela Keyla Mathea memperliha­tkan makanan anjing buatannya yang diberi nama Pawsoo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia