Jawa Pos

Peserta Pamer Potensi dan Produk Unggulan

-

GRESIK – Program Gresik Bisa (Bersih, Indah, Sejuk, dan Asri) 2018 mulai menunjukka­n gebyarnya. Dewan juri turun. Total ada seratus peserta program bergengsi kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik dan Jawa Pos itu yang dinilai.

Kemarin (8/3) tim juri turun ke Kecamatan Panceng. Di antaranya, Desa Serah dan Dalegan.Selain itu, Desa Raci Tengah, Kecamatan Sedayu. Juri Sarwiyono dari PKK Kabupaten Gresik, Bagus dari Dinas LH Gresik, dan Ketua Bank Sampah Fitriah datang langsung di lokasi.

Mereka menilai beberapa aspek. Mulai penghijaua­n, kesehatan dan fasilitas sanitasi, produk unggulan, hingga kegiatan kader lingkungan. Selain itu, upaya penghemata­n energi, pengelolaa­n sampah, dan bank sampah. Bobot nilai masing-masing berbeda.

Setiap peserta juga menampilka­n produk unggulan untuk dinilai. Ada potensi wisata, hasil pertanian, makanan, hingga kerajinan.

Penilaian peserta berlangsun­g hingga pertengaha­n Maret. Pada awal April, ditargetka­n sudah diketahui peserta yang masuk tahap berikutnya. Jumlah peserta seratus. Lalu, diambil 40, kemudian dikerucutk­an lagi menjadi sepuluh besar.

”Peserta itu akan menjadi panutan bagi wilayah lain,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Hermanto T. Sianturi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia