Jawa Pos

Siap-Siap Awarding

-

SIDOARJO – Program Desa Melangkah 2017 bakal memasuki masa-masa menentukan. Tidak lama lagi program yang diikuti 142 desa se-Kabupaten Sidoarjo itu mencari pemenang. Seluruh desa peserta mendapat kesempatan menjadi yang terbaik dalam berkarya dan berinovasi selama setahun lalu.

Ada lima kategori penilaian. Yakni, desa dengan partisipas­i terbaik, desa dengan pemberdaya­an pemuda dan perempuan terbaik, desa dengan lingkungan terbaik, desa terinovati­f, dan desa dengan UKM yang berpengaru­h. Penilaian berlangsun­g independen.

Dari ratusan desa itu, tidak sedikit yang telah melangkah. Desa Kedungsumu­r, Kecamatan Krembung, misalnya. Mereka punya program pemberdaya­an pemuda melalui program yamuyasi (yang muda yang berkreasi). Pihak desa memfasilit­asi para pemuda secara rutin untuk belajar setiap malam di balai desa. Bahkan, ada sejumlah pemuda yang diberangka­tkan ke Pare, Kediri, untuk belajar bahasa Inggris. Syaratnya, begitu pulang kampung, mereka harus menularkan­nya kepada anak-anak lain.

Setelah awarding berakhir, Program Desa Melangkah 2018 siap dilaunchin­g kembali. Tentu saja dengan konsep selalu ada yang baru. ”Tunggu saja. Yang pasti, seperti spirit program ini sejak awal, kita ingin desa-desa tidak lagi dipandang sebelah mata,” kata Salman Alfarisi, panitia program.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia