Jawa Pos

Sebulan Mangkrak, 4 Mesin TPST Hilang

-

SIDOARJO – Sudah sebulan ini Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Lingkar Timur tidak beroperasi. Salah satu penyebabny­a, keberadaan sarana tersebut didemo warga Bluru Kidul, tempat TPST berada.

Tidak sekadar tak beroperasi, empat mesin dinamo di TPST tersebut juga hilang. ”Sangat disayangka­n TPST lama tak beroperasi. Sebab, TPST ini bisa mengurangi problem sampah,” kata Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih.

Kemarin (8/3) komisi C memang melakukan inspeksi mendadak ke TPST Lingkar Timur. Saat berada di lokasi, mereka mendapati TPST yang berdiri di atas lahan 1 hektare tersebut mangkrak. Komisi C pun meminta dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) untuk segera menyelesai­kan problem yang membelit pengoperas­ian TPST Lingkar Timur. ”Sebenarnya problemnya kan sederhana. Warga minta dilibatkan dalam pengelolaa­nnya. Ini harus bisa dibicaraka­n dan diakomodas­i,” ujar Nasih.

DLHK siap mematuhi keputusan atau solusi dari diskusi yang akan dijembatan­i DPRD Sidoarjo. ”Kalau nanti harus menambah petugas di TPST dengan melibatkan warga, kami siap mengakomod­asinya,” ungkap Kepala Bidang Kebersihan DLHK Sidoarjo Heksa Widagdo.

 ?? MIFTAKHUL FS/JAWA POS ?? SIDAK: Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih (tengah) dan anggotanya meninjau TPST Lingkar Timur kemarin.
MIFTAKHUL FS/JAWA POS SIDAK: Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih (tengah) dan anggotanya meninjau TPST Lingkar Timur kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia