Jawa Pos

SI DOEL MAIN DI BIOSKOP

Jawaban Cinta Segi Tiga Sarah-Si Doel-Zaenab

-

JAKARTA – Sekitar 14 tahun lalu, penonton Si

Doel Anak Sekolahan menyaksika­n Si Doel (Rano Karno) dan Sarah (Cornelia Agatha) menikah di layar televisi. Ini membuat ”kubu” pemuja Si Doel-Zaenab (Maudy Koesnaedi) tak terima dan ingin Si Doel memilih Zaenab sebagai istri. Penggemar Si Doel meminta sinetron yang populer pada 1990-an itu dibuat lanjutanny­a.

Rano Karno menangkap peluang tersebut. Dua tahun yang lalu, mantan Plt gubernur Banten itu memutuskan membuat lanjutan kisah sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Alihalih dalam bentuk sinetron, Rano membuatnya dalam bentuk film bioskop. Dia yang menjadi sutradara dan penulis naskahnya.

Berjudul Si Doel the Movie, kisah yang diangkat seputar hidup Si Doel setelah menikah dengan Sarah. Di film tersebut, ujar Rano, dirinya akan menjawab pertanyaan yang sering ditemui. ”Banyak banget tuh yang nanya, Si Doel milih Sarah atau Zaenab?” katanya. Melalui Si Doel the Movie, Rano berharap bisa menjawab kisah cinta segi tiga yang dulu membuat penonton betah menyaksika­n layar kaca bersama keluarga.

Si Doel the Movie memasuki masa produksi secara resmi sejak Rabu (7/3). Syuting dilakukan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Sebuah rumah bapang khas Betawi dibangun khusus untuk keperluan film tersebut. Rumah itu dilengkapi perabotan layaknya rumah layak huni. Di depannya, ada warung tempat ibu Si Doel, Mak Nyak (Aminah Cendrakasi­h), berdagang. Opelet biru yang sering dikemudika­n Doel pun ada.

Proses syuting di Belanda rupanya membuka peluang bisnis. Sebuah travel agency membuka tur tiga negara (Belanda, Prancis, dan Belgia) selama delapan hari pada 6–14 April mendatang. Saat berada di Belanda, ada satu hari khusus bagi peserta tur untuk menyaksika­n proses syuting

Si Doel the Movie. ”Kebetulan jadwal syuting di Belanda bersamaan dengan jadwal tur,” ungkap Anita, perwakilan travel agency tersebut.

Sejauh ini, sudah ada delapan peserta tur yang mendaftar. Jumlah tersebut disesuaika­n jadwal wawancara untuk visa, yaitu sekitar dua minggu sebelum keberangka­tan.

Berkaitan dengan proses syuting, Rano tidak kesulitan mengajak para cast lama untuk terlibat lagi dalam proyek Si Doel the Movie. Dua tahun lalu, sebelum syuting, Rano mengajak beberapa

cast makan malam. Antara lain, Maudy dan Cornelia. Mereka langsung antusias. Demikian pula cast lain yang diajak belakangan.

Proses syuting sebenarnya sudah dimulai setahun lalu. Khusus untuk adegan Mak Nyak yang tetap diperankan Aminah. Kondisi Mak Nyak eh Aminah yang kini lumpuh dan buta akibat sakit membuat Rano ingin merampungk­an syuting yang melibatkan Mak Nyak terlebih dahulu. ”Ajaibnya, Bu Aminah bisa langsung cepat hafal dialog dan kelarin syuting delapan

scene dalam sehari lho,” cerita Maudy yang beradu peran dengan Aminah.

Mandra dan Suti Karno, pemeran Atun, juga akan ikut terlibat. Mereka sangat mendukung niat Rano membawa nostalgia ke hadapan penggemar. Meski demikian, Rano tetap saja merasa ada yang kurang. Sebab, sebagian pemain sudah tiada. Misalnya, Benyamin Sueb (pemeran Babe, ayah Si Doel), Basuki (pemeran Karyo, kekasih Atun), Pak Tile (pemeran Engkong Ali), dan Bendot. ”Itu sebabnya, kami yang masih tersisa punya tanggung jawab membuat film ini luar biasa,” ungkapnya.

Rano pun mengganden­g cast baru. Antara lain, Abi Kartubi (pemeran Abi, anak Atun dan Karyo) serta Reybong (pemeran Dul, anak Si Doel dan Sarah).

Menurut Rano, kemunculan mereka di film menjadi titik awal diproduksi­nya sinetron baru. Di sinetron yang masih dalam tahap perencanaa­n itu, kehidupan Dul sebagai anak Si Doel akan mengemuka. ”Supaya generasi milenial bisa kenal cerita Si Doel lah,’’ harapnya. Selain mempertaha­nkan cast dan cerita, OST

Si Doel Anak Sekolahan tak ketinggala­n. Rano mengganden­g band Armada yang akan membawakan OST tersebut. ”Sebisa mungkin mirip supaya feel dan nostalgian­ya dapat,” kata Rizal, vokalis Armada.

Kemunculan Armada menjadi andalan Rano agar Si Doel the Movie bisa menarik khalayak luas. Selain ditonton generasi 90-an, Rano ingin filmnya bisa dinikmati generasi zaman

now. Selain itu, dengan mengganden­g Falcon Pictures, dia optimistis promosi film bisa lebih bagus. Si Doel the Movie rencananya tayang menjelang akhir 2018. (len/c20/nda)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? DITUNGGU 14 TAHUN: Rano Karno diapit Maudy Koesnaedi (kiri) dan Cornelia Agatha. Mereka kembali beradu peran dalam Si Doel the Movie.
IMAM HUSEIN/JAWA POS DITUNGGU 14 TAHUN: Rano Karno diapit Maudy Koesnaedi (kiri) dan Cornelia Agatha. Mereka kembali beradu peran dalam Si Doel the Movie.
 ?? INSTAGRAM SIDOELANAK­SEKOLAHAN ?? SPESIAL: Si Doel the Movie menghadirk­an Aminah Cendrakasi­h yang sedang sakit. Dia bersama Suti Karno (kiri) dan Maudy Koesnaedi.
INSTAGRAM SIDOELANAK­SEKOLAHAN SPESIAL: Si Doel the Movie menghadirk­an Aminah Cendrakasi­h yang sedang sakit. Dia bersama Suti Karno (kiri) dan Maudy Koesnaedi.
 ?? INSTAGRAM SIDOELANAK­SEKOLAHAN ?? PENUH KENANGAN: Benyamin Sueb dan Aminah Cendrakasi­h saat awal tayang Si Doel Anak Sekolahan pada 1994.
INSTAGRAM SIDOELANAK­SEKOLAHAN PENUH KENANGAN: Benyamin Sueb dan Aminah Cendrakasi­h saat awal tayang Si Doel Anak Sekolahan pada 1994.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia