Jawa Pos

UK PETRA UNIVERSITA­S LUAR NEGERI

-

FAKULTAS Ekonomi (FE) Universita­s Kristen Petra (UKP) gencar mengembang­kan kualitas kurikulum pendidikan­nya. Di antaranya, menjalin kerja sama dengan universita­s luar negeri, kelengkapa­n fasilitas, dan pembenahan metode pengajaran.

Sejak kali pertama didirikan pada 1982, FE UKP mengemban satu visi. Yakni, menjadi institusi pendidikan bisnis dan ekonomi yang peduli dan berwawasan global. FE UKP bertekad mencetak lulusan yang memiliki kompetensi bisnis, inovatif, kritis, dan mampu terjun ke ranah global dengan profesiona­l.

Dekan FE UKP Ricky SE MRE EdD menuturkan bahwa pihaknya mengambil beberapa langkah demi menyuksesk­an visi tersebut. Salah satunya adalah adanya diferensia­si dalam program studi. ”Sejak semester awal, mahasiswa dibimbing untuk mengetahui apa yang diminatiny­a, sehingga mereka bisa menentukan langkah untuk sukses di jalannya,” ujar dekan yang dilantik pada 2 Februari lalu tersebut.

Program magang juga semakin banyak dilakukan. FE UKP memiliki kerja sama yang luas dan kuat dengan industri serta asosiasi profesi dalam menyelengg­arakan magang kerja di dalam dan luar negeri. Internatio­nal

exposure tersebut juga diperoleh lewat kelas internasio­nal full in English. Tak hanya diikuti mahasiswa lokal, kelas tersebut diikuti mahasiswa asing. Tentunya, dengan staf pengajar akademisi dan praktisi dari dalam maupun luar negeri.

Kerja sama dengan berbagai asosiasi profesi tersebut juga berdampak pada pengakuan sertifikas­i. Mahasiswa FE UKP akan dibekali dengan sertifikat sebagai bukti kecakapan kerja yang diakui oleh berbagai industri. Kemampuan mahasiswa untuk berinterak­si dengan dunia bisnis juga menjadi perhatian. ”Mahasiwa dirangsang untuk membuat inovasi dan menjadi startup dalam ranah bisnis. Kami juga terus menumbuhka­n semangat entreprene­ur,” tutur Ricky.

Demi memompa semangat mahasiswa untuk terus maju dalam lini entreprene­ur,

FE UKP juga membekali mahasiswan­ya dengan berbagai suntikan motivasi. Pada hari-hari tertentu diadakan talkshow, seminar, diskusi, atau sekadar berdialog. Narasumber­nya adalah para alumni yang telah sukses, petinggi perusahaan, atau founder startup.

”Ini penting. Sebab, semangat untuk bisa membangun usaha dan ber-entreprene­ur akan makin tertanam. Para narasumber tersebut adalah bukti nyata jika ketekunan dalam berbisnis bakal mengantark­an mereka pada kesuksesan,” tutur Ricky.

Demi menunjang pembelajar­an, FE UKP dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah laboratori­um yang terdiri atas lab pasar modal, lab simulasi keuangan, lab inkubasi bisnis, lab pemasaran, lab retail, hingga lab tour and

travel. Ada pula lab pastry and bakery, lab food and beverages, restaurant and bar, lab kitchen, lab sistem informasi akuntansi,

lab post examinatio­n, dan serta tax center. Tersedia pula ruang multimedia, theatresty­led classroom, student lounge, dan berbagai sarana prasarana lain yang terus dibangun dan dikembangk­an.

Ricky juga memastikan, mahasiswa FE bakal diberikan kemudahan untuk melanjutka­n studi ke jenjang pendidikan S-2 bertaraf internasio­nal. Baik melalui program gelar ganda program studi S-2 manajemen maupun program akselerasi dengan partner universita­s di luar negeri.

TERAPKAN PERSONALIZ­ED LEARNING

Ricky meyakini bahwa kampus bukan sekadar tempat mahasiswa dijejali berbagai teori. Lebih dari itu, mahasiswa dibekali berbagai skill untuk mengembang­kan minat serta bakat. Menurutnya, personaliz­ed learning menjadi metode paling ampuh. Mahasiswa makin mendalami ilmunya dengan mengikuti kegiatan yang lebih menyenangk­an.

Terkait hal tersebut, peran pengajar sangat besar. Menurut Ricky, dosen bukan hanya agen penyampai pelajaran melainkan menjadi ‘teman’ bagi seluruh mahasiswa.

”Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 4.000 cukup sulit. Tapi, dosen menggunaka­n strategi atau teknologi tertentu yang bisa menyentuh tiap mahasiswa. Dengan begitu, bakal terbangun chemistry di antara keduanya,” ungkap lulusan University of Birmingham tersebut. FE UKP bakal terus berinovasi demi meningkatk­an kemampuan mahasiswa dalam ranah bisnis dan ekonomi. ”Meskipun telah banyak pencapaian, FE UKP terus mencari formula terbaik. Bagi kami, kesuksesan mahasiswa adalah sebuah prestasi paling membanggak­an,” tuturnya. (ree/xav)

 ??  ?? Dekan Fakultas Ekonomi UKP
Dekan Fakultas Ekonomi UKP
 ??  ?? BERWAWASAN LUAS: Kelas internasio­nal full in English tak hanya diikuti mahasiswa lokal, kelas tersebut diikuti mahasiswa asing.
BERWAWASAN LUAS: Kelas internasio­nal full in English tak hanya diikuti mahasiswa lokal, kelas tersebut diikuti mahasiswa asing.
 ??  ?? LANGSUNG PRAKTIK: FE UKP memiliki kerja sama dengan industri serta asosiasi profesi untuk magang kerja di dalam dan luar negeri.
LANGSUNG PRAKTIK: FE UKP memiliki kerja sama dengan industri serta asosiasi profesi untuk magang kerja di dalam dan luar negeri.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia