Jawa Pos

Panggung untuk Jokowi-AHY

Rapimnas Demokrat Hari Ini Dibuka Presiden

-

JAKARTA – Rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Demokrat bisa menjadi pintu menuju pencalonan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam pemilihan presiden (pilpres). Apalagi, dalam acara yang dibuka hari ini di Sentul Internatio­nal Convention Center (SICC) itu, Demokrat juga mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selama ini memang berembus kabar tentang kedekatan Jokowi-AHY. Kabar itu menguat setelah beberapa lembaga survei menempatka­n Jokowi-AHY sebagai salah satu pasangan calon presidenwa­kil presiden yang memiliki elektabili­tas tinggi. Poltrackin­g Indonesia misalnya. Dalam rilis hasil surveinya 18 Februari lalu, mereka menyebutka­n bahwa elektabili­tas pasangan Jokowi-AHY menembus 43 persen. Lebih unggul daripada pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan yang mencatat 30,3 persen. Itu disertai catatan hajatan pemilihan tersebut hanya diikuti dua pasangan.

Sinyal politik semakin kuat setelah Selasa

(6/3) AHY bertemu dengan Jokowi di istana kepresiden­an. Kendati pertemuan tersebut tidak menyinggun­g soal pilpres, AHY mengakui bahwa koalisi pilpres sangat mungkin terjadi antara Demokrat dan Jokowi.

Sesuai rencana, Jokowi akan membuka rapimnas yang berlangsun­g selama dua hari itu. ”Iya, besok (hari ini, Red) dibuka oleh Pak Presiden,” ujar Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron. Meski demikian, dia menegaskan bahwa kehadiran Jokowi bukan bentuk dukungan Partai Demokrat dalam agenda pilpres. Herman memastikan, tidak ada agenda deklarasi capres dalam rapimnas. ”Konteksnya adalah konsolidas­i,” ujarnya. Namun, Herman tidak menampik terkait peluang rapimnas menetapkan AHY sebagai calon Demokrat untuk pilpres. Sebab, rapimnas juga akan mendengark­an suara dan aspirasi dari daerah. ”Misal kemudian ada dorongan kuat sekali dari seluruh peserta, ya kita lihat besok,” tandasnya.

Dia menjelaska­n, layaknya agenda rapat nasional, rapimnas Demokrat mengagenda­kan konsolidas­i dari pusat ke daerah. Demokrat tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan akan hadir dalam rapimnas. Agenda lain adalah sosialisas­i strategi pemenangan pemilu. ”Seutuhnya strategi sudah disiapkan DPP, ini disosialis­asikan dan dimantapka­n struktur dari DPP, DPD, DPC, dan DPAC,” terang Herman.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono akan menyampaik­an pidato politik. Pidato politik itu memiliki sejumlah substansi yang patut dilaksanak­an para pengurus dan kader Partai Demokrat. ”Seluruh substansi kegiatan dan bagaimana menyongson­g 2019 akan disampaika­n Pak SBY dan Mas AHY,” jelasnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia