Jawa Pos

Tingkat Konsumsi Masih Stagnan

Penjualan Eceran Terkoreksi di Januari

-

JAKARTA – Tingkat konsumsi masyarakat sepanjang 2017 mengalami stagnasi. Awal tahun ini kondisi tersebut belum banyak berubah. Survei Bank Indonesia (BI) mencatat koreksi pertumbuha­n penjualan eceran di bulan Januari 2018. Hal tersebut tecermin dari indeks penjualan riil (IPR) yang terkontrak­si 1,8 persen secara year-on-year (yoy) setelah pada bulan sebelumnya tumbuh 0,7 persen (yoy).

Penurunan penjualan eceran tersebut sejalan dengan berakhirny­a hari raya Natal dan tahun baru. Penurunan penjualan terutama terjadi pada kelompok durable goods berupa peralatan informasi dan komunikasi serta peralatan rumah tangga lainnya. Sementara itu, penjualan kelompok barang lainnya masih menunjukka­n peningkata­n, terutama sandang, barang budaya dan rekreasi, serta suku cadang dan aksesori.

Penjualan eceran diperkirak­an

akan kembali meningkat pada Februari 2018 dengan pertumbuha­n IPR sebesar 1,0 persen secara yoy. Perbaikan penjualan eceran diperkirak­an didorong oleh peningkata­n penjualan kelompok makanan, minuman, dan tembakau, sandang, suku cadang dan aksesori, serta barang lainnya. Sementara itu, penjualan kelompok durable goods (barang tahan lama) masih relatif terbatas.

Hasil survei juga mengindika­sikan menurunnya tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (April 2018). Indikasi tersebut tecermin dari penurunan indeks ekspektasi harga umum (IEH) tiga bulan menjadi 155,1 dari 158,2 pada bulan sebelumnya.

Meski begitu, Gubernur BI Agus Martowardo­jo menekankan bahwa kondisi ekonomi domestik masih bagus. Hal tersebut ditunjukka­n dengan kondisi inflasi yang relatif stabil. Karena itu, BI masih optimistis bahwa ekonomi Indonesia tahun ini masih bisa tumbuh di angka 5,1–5,5 persen.

”Sekarang ini kondisi ekonomi kita baik. Kita akan selalu menjaga stabilitas ekonomi,” paparnya kemarin (9/3).

 ?? GRAFIS: BAGUS/JAWA POS ??
GRAFIS: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia