Jawa Pos

Integrasi Industri, Permukiman, dan Pelabuhan

-

GRESIK – Kementeria­n Perindustr­ian menargetka­n sekitar 183 industri bisa masuk di Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik. Dengan luas kawasan hampir 3 ribu hektare, target investasi yang terserap sebesar Rp 83,2 triliun.

Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk Haryanto Adikoesoem­o mengatakan, saat ini JIIPE telah memiliki 9 tenant. Perinciann­ya, 2 perusahaan sudah beroperasi, 4 perusahaan dalam pembanguna­n, dan 3 perusahaan akan melakukan pembanguna­n. ”Industri yang sudah beroperasi, yaitu pabrik kimia PT Clariant Indonesia dan pabrik garam PT UnichemCan­di Indonesia,” ujarnya di sela-sela peresmian JIIPE kemarin.

Kawasan JIIPE memiliki luas area industrial sebesar 1.761 ha, area residensia­l sebesar 800 ha, dan area pelabuhan seluas 400 ha. Total areanya 2.961 ha. Nilai investasin­ya mencapai Rp 5 triliun. Pada 2018 ditargetka­n JIIPE mampu menjual lahan 40–45 ha.

Menteri Perindustr­ian Airlangga Hartarto mengatakan, kawasan JIIPE merupakan salah satu kawasan industri yang masuk proyek strategis nasional. Itu tertuang dalam Peraturan Presiden No 58 Tahun 2017. Kawasan tersebut ditargetka­n dapat menyerap 100 ribu tenaga kerja. ”JIIPE telah memiliki kantor pengelola dan juga tersedia pembangkit tenaga listrik sebesar 23 mw yang mulai beroperasi November 2017,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan, JIIPE berfungsi meningkatk­an daya saing Indonesia dari negara tetangga. Sebab, dengan ditekannya harga produksi, produk Indonesia bisa bersaing di pasar global. Jokowi menekankan agar jangan sampai ada masalah perizinan investasi.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PROYEK STRATEGIS NASIONAL: Presiden Joko Widodo meresmikan kawasan industri JIIPE di Gresik, kemarin (9/3).
FRIZAL/JAWA POS PROYEK STRATEGIS NASIONAL: Presiden Joko Widodo meresmikan kawasan industri JIIPE di Gresik, kemarin (9/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia