Jawa Pos

Tugaskan Tim Pemantau Rel 24 Jam

-

JEMBER – Sebuah jembatan rel kereta api (KA) di Dusun Curahdamar, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, sempat kritis. Bagian bawahnya sempat ambrol dan tergerus air. Perbaikann­ya membutuhka­n waktu lama. Sebab, alat berat sulit masuk ke lokasi kejadian.

Meskipun demikian, sejauh ini kondisi tersebut diklaim masih belum mengganggu perjalanan KA jalur Banyuwangi–Jember dan sebaliknya. Ya, 18 Februari lalu, dua rumah warga jadi korban longsor. Ternyata, kejadian itu tidak menimpa rumah saja. Longsor juga menimpa plengsenga­n di bawah rel jembatan milik PT KAI

tersebut.

Pantauan Jawa Pos Radar Jember kemarin (9/3) menunjukka­n, lokasi longsor itu cukup curam sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Untuk menuju lokasi, orang harus melewati jalan yang kanan dan kirinya mepet tebing.

Bukan hanya akses yang sulit. Perbaikan di lokasi pun tidak semudah yang dikira. Fondasi bawah jembatan KA tersebut ikut ambrol lantaran tergerus air saat banjir beberapa waktu lalu.

Untuk langkah pengamanan, PT KAI Daop 9 Jember terpaksa memasang fondasi beronjong di bawahnya. Itu dilakukan agar fondasi yang ambrol tidak semakin banyak.

Meski demikian, pemasangan beronjong saja bukanlah pekerjaan yang mudah. Menurut salah seorang pekerja, saat menggali untuk pancang yang terbuat dari rel saja, harus masuk ke kedalaman sekitar 4 meter. ”Jadi harus digali satu per satu dengan alat manual,” ucap Gito, salah seorang pekerja, kemarin.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Lukman Arif saat dikonfirma­si terpisah mengakui daerah itu sebagai daerah rawan bencana. ”Namun sejauh ini belum mengganggu perjalanan kereta api Jember– Banyuwangi,” ucapnya.

Perjalanan KA, terang Lukman, masih bisa berlangsun­g dengan normal.

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? MASIH NORMAL: Kereta api melintas di jembatan di Dusun Curahdamar Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember, kemarin.
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER MASIH NORMAL: Kereta api melintas di jembatan di Dusun Curahdamar Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia