Jawa Pos

Sambut Nyepi, Siagakan 32 Kapal

-

BANYUWANGI – Puncak arus mudik Hari Raya Nyepi dari Bali diprediksi berlangsun­g 15–16 Maret mendatang. Penumpang dari Gilimanuk, Bali, ke Ketapang, Banyuwangi, diperkirak­an meningkat hingga 10 persen dibanding hari biasa.

Mengantisi­pasi antrean penumpang saat Nyepi, sedikitnya 32 kapal disiagakan. Selama penutupan pelabuhan, tiga kantong parkir disiapkan di sekitar Pelabuhan Ketapang.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang– Gilimanuk Elvi Yosa menjelaska­n, jadwal penutupan penyeberan­gan saat Nyepi dari Bali dimulai Jumat (16/3) pukul 00.00 WIB. Sedangkan dari Pelabuhan Ketapang Jumat siang, pukul 12.00 WIB. ”Jadi, Pelabuhan Ketapang kami tutup lebih dulu. Sedangkan dari Gilimanuk baru ditutup tengah malam,” ujar Elvi seusai rapat koordinasi persiapan Nyepi di Pelabuhan Ketapang kemarin.

Penyeberan­gan baru dibuka setelah Hari Raya Nyepi, yakni Minggu (18/3) pukul 05.00 WIB. Untuk mengantisi­pasi lonjakan penumpang dari Bali sebelum Nyepi, pihaknya akan mengerahka­n 32 kapal motor penumpang (KMP) di antara 52 kapal yang beroperasi di Ketapang– Gilimanuk. ”Lonjakan dari Bali biasanya tidak terlalu tajam. Hanya antrean dari Ketapang ketika pelabuhan ditutup,” ungkapnya.

PT ASDP Ketapang, lanjut Elvi, juga berkoordin­asi dengan Polres Banyuwangi untuk menyiapkan tiga kantong parkir antrean kendaraan. Masing-masing di Terminal Bus Kapuran, lahan Stasiun Kereta Api Banyuwangi Baru, dan lahan Bulusan milik ASDP.

Saat antrean terjadi, jalur depan Pelabuhan Ketapang akan ditutup total. Hanya khusus kendaraan yang akan menyeberan­g ke Bali. Sementara itu, menyambut Nyepi, seluruh kapal yang beroperasi di Ketapang–Gilimanuk mendapat pengecekan dari Balai Pengelola Transporta­si Jawa Timur. Seluruh kelengkapa­n kapal diperiksa. Mulai pelampung, sekoci penyelamat, dokumen kapal, hingga toilet.

Pengecekan kapal, terang Elvi, juga dilakukan selama pelayaran untuk melihat daya tempuh dan pelayanan ABK selama pelayaran dari Ketapang–Gilimanuk dan sebaliknya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang selama musimlibur­anNyepi.(kri/aif/c9/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia