Jawa Pos

Samator-Petro Berjaya di Hari Pertama

-

PALEMBANG – Sindrom bertemu tuan rumah telah dipatahkan oleh Surabaya Bhayangkar­a Samator. Tim putra dari Jatim itu menang ketika berhadapan dengan tim tuan rumah Palembang Bank SumselBabe­l di kandangnya, gedung PSCC, Palembang. Dalam pertanding­an yang berlangsun­g ketat kemarin (9/3), Samator berhasil membukukan kemenangan 3-2 (17-25, 20-25, 25-22, 25-22, 15-13).

Di dua set awal, Rendy Tamamilang dkk tak bermain lepas. Alhasil, mereka kalah dua set berturut-turut. Namun, di tiga set berikutnya, mereka menekan Aji Maulana dkk. Karena itu, secara mengejutka­n tiga set terakhir menjadi milik Samator. ”Pada set pertama dan kedua, passing tidak bagus. Begitu pula blok, servis, dan receive kami. Banyak kesalahan yang kami lakukan sendiri,” papar pelatih Ibarsjah Djanu Tjahjono.

Pelatih Bank SumselBabe­l Samsul Jais mengakui bahwa Samator tampil luar biasa. Meski begitu, dia puas dengan penampilan anak didiknya. Menurut dia, di tiga set terakhir, blok timnya sulit membendung open spiker Samator Rivan Nurmulki.

Di sektor putri, Gresik Petrokimia juga bangkit. Tim itu belum menyerah meskipun peluang lolos final four terbilang kecil. Melawan Bekasi BVN kemarin, Petro menang 3-0 (25-22, 25-14, 25-13). Sebelumnya, di putaran pertama, BVN memang kalah meski mampu mencuri satu set. BVN yang duduk di akhir klasemen itu memang sudah tak memiliki peluang lolos final four. Sebab, selama musim ini berlangsun­g, tim asuhan Rudi Iskandar tersebut belum meraih satu pun kemenangan.

Set pertama sempat ketat. Poin pun saling kejar. Untung, Petro dapat mengakhiri pertanding­an dengan kemenangan. Dua set berikutnya, Bunga Mitasari dkk bangkit. Mereka unggul jauh atas BVN. ”Sebenarnya kami belum lepas mainnya, tapi syukur dapat mengatasi dan akhirnya memenangi pertanding­an,” ucap Rika Dwi Latri, tosser Petro. Dua kekalahan beruntun yang dialami Petro di seri sebelumnya membuat para pemain belum mampu tampil percaya diri.

Selanjutny­a, Petro akan menghadapi sang juara bertahan Jakarta Elektrik PLN. Pelatih Petro Victor Laiyan telah melakukan pemanasan dengan memadupada­nkan pemain dan mencoba berbagai variasi untuk pertanding­an sebelumnya.

 ?? EVAN ZUMARLI/SUMATERA EKSPRES/JPG ??
EVAN ZUMARLI/SUMATERA EKSPRES/JPG
 ?? EVAN SUMARLI/SUMATERA EKSPRES/JAWA POS ?? BANGKIT: Pemain Samator Riedel Alfonso Gonzales Toiran melepaskan spike melewati blok pemain Bank Sumsel Babel Ryan Irawan dan Aji Maulana. Foto kanan, ekspresi pemain Gresik Petrokimia, dari kiri, Yeliz Basa, Shirley Ferrer, Bunga Mitasari, dan...
EVAN SUMARLI/SUMATERA EKSPRES/JAWA POS BANGKIT: Pemain Samator Riedel Alfonso Gonzales Toiran melepaskan spike melewati blok pemain Bank Sumsel Babel Ryan Irawan dan Aji Maulana. Foto kanan, ekspresi pemain Gresik Petrokimia, dari kiri, Yeliz Basa, Shirley Ferrer, Bunga Mitasari, dan...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia