Jawa Pos

Percikan Api Terlihat di Truk Bermuatan Gas

-

SIDOARJO – Polisi masih mencari penyebab pasti insiden kebakaran di SPBU Jalan Berbek Industri V, Waru, Sidoarjo, Kamis pagi (8/3). Belum ada kesimpulan yang bisa diungkapka­n. Mereka masih mengumpulk­an berbagai petunjuk.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) kemarin (9/3). Dia dan jajarannya datang sekitar pukul 10.00. Mereka meninjau area yang menjadi pusat kobaran api.

Himawan mengelilin­gi area yang dilalap api. Dia juga mengecek bangkai truk bernopol S 9633 UN di dekat dispenser nomor 5

Saat kejadian, truk yang membawa puluhan tabung gas alam terkompres­i alias compressed natural gas (CNG) ukuran 70 kilogram itu sedang mengisi bahan bakar solar. Muhammad Arifin, 46, sopir truk tersebut, kini dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya. ’’Tinggal dua korban luka yang ada di rumah sakit,’’ terang Himawan.

Empat personel tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya sempat mendatangi lokasi kebakaran empat jam setelah api padam. Tim identifika­si itu dipimpin Kasubdit Fiskom AKBP Joko Siswanto. Mereka membawa abu dari lokasi kebakaran untuk dianalisis.

H i m awan menyatakan, pihaknya sudah memeriksa tujuh saksi untuk memecahkan­teka-tekimuncul­nya api. Mereka adalah para operator dan pengelola SPBU serta warga yang kebetulan berada di lokasi ketika kebakaran terjadi .’ Belum a dayang tahu pasti. Tahu-tahu terdengar ledakan keras yang diikuti munculnya api besar,’ ungkapnya.

Lulusan Akpol 1995 itu memaparkan, rekaman closedcirc­uit television (CCTV) di TKP kini juga sedang dianalisis. Dari pengamatan sementara, percikan api memang sempat terlihat sebelum rekaman menjadi gelap. Titik itu berasal dari atas truk bermuatan gas.

Namun, dia tidak bisa memastikan percikan tersebut berasal dari mana. SPBU milik PT SIER itu pun ditutup sementara. Himawan menjelaska­n, penutupan tersebut dilakukan untuk kepentinga­n penyelidik­an.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? TINJAU TKP: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji (dua dari kiri) bersama jajarannya di SPBU Jalan Berbek Industri V, Waru, Sidoarjo, kemarin (9/3).
EDI SUDRAJAT/JAWA POS TINJAU TKP: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji (dua dari kiri) bersama jajarannya di SPBU Jalan Berbek Industri V, Waru, Sidoarjo, kemarin (9/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia