Jawa Pos

Ujian Terbang Calon Frogman

-

SIDOARJO – Performa 28 siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) diuji. Calon frogman, pasukan elitenya TNI-AL, angkatan ke-41 itu menjalani Wing Day di Lanudal Juanda, Sidoarjo, kemarin (9/3).

Mereka mengenakan dua brevet terjun sekaligus, yakni terjun tempur statik dan terjun bebas. Brevet bergengsi itu didapat setelah lolos melewati latihan teknik keparaan (terjun) sekitar lima bulan dari total waktu pendidikan selama 10 bulan.

Para siswa ditantang mendarat tepat di selter helikopter ujung barat Skuadron 400 Wing Udara 1 Juanda. Seluruh siswa dan tiga jumping master berhasil happy landing di lokasi pendaratan yang ditentukan dengan dimensi tidak lebih dari panjang dan lebar lapangan tenis itu. Mereka diterjunka­n dari pesawat Cassa-212 Skuadron 600 Wing Udara 1 di ketinggian 6.000 kaki atau sekitar 1,8 kilometer dari permukaan bumi

J

Para frogman itu merupakan orang-orang luar biasa. ”Perlu fisik dan mental kuat karena mereka harus mampu infiltrasi dari empat media, yaitu udara, darat, atas permukaan laut, dan yang lebih berat lagi bawah permukaan laut,’’ ujar Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI-AL (Kodiklatal) Laksda TNI Darwanto setelah menyematka­n brevet.

Darwanto menegaskan, tidak semua siswa bisa lulus sampai Dikkopaska berakhir. Meski berhasil melewati komando hutan dan keparaan, mereka akan dengan berat melalui komando laut dalam lima bulan ke depan. Keseharian mereka diisi latihan, latihan, dan latihan.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BERGILIRAN: Para siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) terjun dari ketinggian 6.000 kaki atau sekitar 1,8 km.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BERGILIRAN: Para siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) terjun dari ketinggian 6.000 kaki atau sekitar 1,8 km.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KEHORMATAN: Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto dipanggul siswa Dikkopaska angkatan ke-41 setelah berfoto bersama kemarin (9/3).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS KEHORMATAN: Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto dipanggul siswa Dikkopaska angkatan ke-41 setelah berfoto bersama kemarin (9/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia