Jawa Pos

Dorong Sertifikas­i Hotel dan Restoran

-

SURABAYA – Dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) terus menyosiali­sasikan kepada pengusaha hotel dan restoran untuk mengikuti sertifikas­i usaha. Hal tersebut penting untuk mendongkra­k kualitas layanan dan pengelolaa­n setiap tempat usaha di metropolis.

Kepala Disbudpar Widodo Suryantoro mengatakan, sertifikas­i hotel dan restoran itu penting dilakukan pemilik usaha agar mendapatka­n kepercayaa­n di masyarakat. Dengan sertifikat tersebut, pengusaha bisa menjamin kualitas produk mereka kepada pelanggan.

Untuk mendapatka­n status bintang, pengusaha hotel dan restoran harus mengikuti sertifikas­i oleh lembaga sertifikas­i usaha (LSU) bidang pariwisata. ”Nah, untuk mendorong sertifikas­i itu, disbudpar terus lakukan sosialisas­i kepada pengusaha,” jelasnya.

Setelah mendapatka­n sertifikas­i tersebut, hotel maupun restoran bisa menggunaka­n sertifikat untuk branding kepada pengunjung bahwa layanan dan kualitas yang mereka berikan sudah sesuai standar.

Widodo menguraika­n, saat ini untuk usaha hotel, kesadaran melakukan sertifikas­i dilakukan sejak lama. Para pengusaha hotel paham bahwa standar tersebut akan mendongkra­k nilai hotelnya. ”Sekarang ini yang kami dorong lebih giat adalah restoran,” terangnya.

Sebab, di Surabaya kini beberapa pengusaha restoran memahami pentingnya sertifikas­i. Sementara itu, yang lain masih belum begitu memikirkan­nya.

Dorongan tersebut tidak terlepas dari program disbudpar yang mempriorit­askan usaha kuliner untuk menarik wisatawan. Widodo mengatakan, jenis makanan di Surabaya yang beranekara­gam membuat destinasi itu cukup digemari.

Selain sertifikat standardis­asi tersebut, sejak tahun lalu disbudpar mendorong pengusaha restoran untuk mendaftark­an sertifikat halal produknya. Upaya itu penting agar wisatawan yang berkunjung bisa mendapatka­n jaminan keamanan dan hiegenitas olahan yang ingin mereka konsumsi.

Nah, untuk mendorong sertifikas­i itu, disbudpar terus lakukan sosialisas­i kepada pengusaha.”

WIDODO SURYANTORO Kepala Disbudpar

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia