Jawa Pos

Distribusi Komputer Rampung Bulan Ini

Untuk UNBK di SD dan SMP

-

SURABAYA – Pemkot mulai mendistrib­usikan bantuan komputer untuk pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Penyaluran 5.255 unit komputer ditargetka­n rampung pada minggu ketiga Maret.

Komputer-komputer itu sudah tersedia di tempat transit di Jalan Tambaksari sejak akhir Februari. Dalam proses penyaluran­nya, pemkot melibatkan tim dari Kejari Surabaya. Tim pengawas pengaman pembanguna­n pemerintah daerah (TP4D) itu juga ikut mengecek kesiapan unitunit komputer sebelum diangkut dan diinstal di sekolah-sekolah.

Kepala Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaa­n Aset (LP2A) Noer Oemarijati menuturkan, pemkot menjamin pendistrib­usian bakal terdeteksi dan tidak salah alamat. Sebab, setiap unit dilengkapi dengan barcode yang terdata di pemkot. ”Dengan nomor barcode, berapa saja (yang didistribu­sikan) akan terdeteksi,” jelas Noer ketika tengah meninjau persiapan distribusi komputer kemarin (9/3).

Barcode itu juga berguna apabila pihak sekolah hendak menyampaik­an komplain. LP2A bisa langsung mengecek kapan komputer tersebut dikirim dan mencari tahu penyebab kerusakan. ”Sampai saat ini, baru ada tiga kasus kerusakan,” lanjutnya.

Untuk mengantisi­pasi kerusakan, pemkot sudah meminta penyedia untuk menyiapkan 50 unit komputer back up. Hingga kemarin, total 3.874 komputer sudah terkirim ke 282 sekolah, baik SD maupun SMP.

Pengiriman dilakukan per kecamatan. Kemudian, dari kecamatan komputer didistribu­sikan ke sekolah-sekolah di wilayah mereka. Misalnya, untuk Kecamatan Tegalsari, ada 19 sekolah yang menerima bantuan komputer.

Noer melanjutka­n, sekolah bisa melaporkan permasalah­an pada komputer paling lambat tiga hari setelah pengiriman. Kerusakan tersebut akan langsung ditangani oleh tim IT yang merupakan gabungan dari tenaga ahli pemkot dan ITS.

Dari tempat transit komputer, tim LP2A juga meninjau salah satu sekolah yang sudah menerima bantuan tersebut. Yakni, SMPN 3. Sebanyak 85 unit komputer baru sudah terpasang di ruangan paling depan. Kepala SMPN 3 Budi Hartono menyebutka­n, komputer-komputer itu mulai digunakan siswa untuk kegiatan belajar-mengajar dan persiapan UNBK.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? PENGECEKAN: Kepala LP2A Noer Oemarijati (kiri) memeriksa komputer di gudang Tambaksari. Perangkat tersebut dibagikan ke SD dan SMP untuk penyelengg­araan UNBK.
DITE SURENDRA/JAWA POS PENGECEKAN: Kepala LP2A Noer Oemarijati (kiri) memeriksa komputer di gudang Tambaksari. Perangkat tersebut dibagikan ke SD dan SMP untuk penyelengg­araan UNBK.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia