Jawa Pos

Palang Pintu Akan Diganti Otomatis

-

SURABAYA – Palang pintu kereta api (KA) di Jalan Singapura, Pakal, yang dikelola dinas perhubunga­n (dishub) akan memiliki tampilan baru. Tahun ini dishub bakal merombak palang pintu itu dan pos penjagaan di sampingnya.

Sejauh ini, palang pintu tersebut dioperasik­an oleh seorang petugas secara manual. Untuk membuka tutup pintu, petugas harus memutar tuas beberapa kali. Begitu pula sebaliknya. Nanti sistem manual tersebut akan diubah secara elektrik. Petugas tidak harus mengerek tuas, tetapi cukup menekan tombol operasi. Pintu itu akan membuka dan menutup secara otomatis. Pintu tersebut juga akan dilengkapi suara sirine.

Kabid Angkutan Dishub Surabaya Tundjung Iswandaru menyatakan, kajian sudah dilakukan. Pihaknya hingga kini terus melengkapi izin di Kementeria­n Perhubunga­n. ’’Terus dilengkapi dan semoga tahun ini beres,’’ tuturnya.

Dia menjelaska­n, setelah izin keluar, nanti pemkot langsung mengelar lelang. Ketika ditanya mengenai jumlah dana untuk mengerjaka­n proyek tersebut, Tundjung menjawab diplomatis. ’’Masih terus dikalkulas­i’’ ungkapnya. Pihaknya juga akan menambah palang pintu baru di Jalan Gayung Kebonsari Timur, Ketintang. Letaknya beberapa meter ke barat dari Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) Jatim. Pemkot bakal memasang palang pintu elektrik di sana.

Sejauh ini, belum ada palang pintu di kawasan tersebut. Hanya ada seorang sukarelawa­n pembantu lalu lintas (supeltas) di sana. Tundjung berharap, dengan adanya dua layanan baru itu, masyarakat semakin nyaman berkendara. Keamanan pengendara pun lebih terjamin.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? MASIH MANUAL: Pos perlintasa­n kereta api di Pakal. Mat Hari (foto kanan) memutar tuas untuk membuka dan menutup palang pintu perlintasa­n.
JOS RIZAL/JAWA POS MASIH MANUAL: Pos perlintasa­n kereta api di Pakal. Mat Hari (foto kanan) memutar tuas untuk membuka dan menutup palang pintu perlintasa­n.
 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ??
JOS RIZAL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia