Jawa Pos

Menhub Tawari Santri Jadi Pilot

-

GRESIK – Para menteri mengikuti irama Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Gresik. Mereka juga blusukan kemarin (9/3). Menteri Perhubunga­n (Menhub) Budi Karya Sumadi, misalnya. Dia memotivasi santri-santri Ponpes Daruttaqwa di Manyar untuk berkarir di dunia transporta­si. Bisa menjadi pilot.

Budi menjelaska­n cara mengikuti diklat transporta­si. Itu merupakan program beasiswa Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) Bidang Pengembang­an Sumber Daya Manusia (PSDM). ’’Saya berharap para santri bisa masuk program itu,’’ katanya.

Dengan mengikuti program tersebut, para santri bisa berkarir di bidang transporta­si. Misalnya, menjadi pilot. Lapangan kerja di dunia penerbanga­n masih sangat terbuka. Lulusan pesantren, papar dia, tidak harus menjadi pengajar atau pendakwah. ’’Santri pun bisa jadi pilot,’’ imbuhnya.

Hingga saat ini, Kemenhub sudah menerima 54 lulusan pesantren di Jawa Barat. Mereka bersedia mengikuti diklat itu. ’’Santri dari Jatim belum ada. Saya harap setelah ini ada yang minat,’’ katanya.

Ada dua jenis pelatihan diklat transporta­si. Pertama, pendidikan formal selama empat tahun. Itu setara dengan strata satu (S-1). Kedua, pendidikan nonformal. Pendidikan itu terbuka bagi yang belum bekerja. Mereka bisa bekerja di terminal, stasiun, hingga bandara.

Pengasuh Ponpes Daruttaqwa KH Ainun Mutaqqin membuka peluang bagi santri-santrinya untuk melanjutka­n pendidikan di dunia transporta­si. Dia setuju, tidak semua lulusan pesantren harus menjadi ahli agama. ’’Kami sangat ingin santri Daruttaqwa menjadi pilot,’’ tegas Ainun.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? MOTIVASI: Menhub Budi Karya Sumadi bertemu santri-santri Ponpes Daruttaqwa, Desa Suci, Manyar, kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS MOTIVASI: Menhub Budi Karya Sumadi bertemu santri-santri Ponpes Daruttaqwa, Desa Suci, Manyar, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia