Jawa Pos

Pembeli Wadul ke Komisi III DPR

Pengembang Butuh Waktu Pengembali­an Tunai

-

SURABAYA – Pembeli apartemen Sipoa Group terus mencari solusi agar dananya kembali. Mereka wadul ke Komisi III DPR RI. Sebanyak 50 perwakilan dari paguyuban Pembeli Proyek Sipoa (P2S) bertemu dengan salah satu anggota dewan Adies Kadir kemarin (9/3).

Difasilita­si Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum (UKBH) Universita­s Airlangga (Unair), mereka curhat lantaran merasa dipermaink­an. Hingga kini, tuntutan pengembali­an uang tidak kunjung terealisas­i. Sipoa Group sempat memberikan harapan. Para pembeli diberi cek pengembali­an dana pada 12 Februari lalu. Total ada 164 orang yang menerimany­a. ’’Namun, hanya 14 orang yang bisa menukarkan, dana di bank sudah habis,’’ ujar Wakil Ketua P2S Yulia Tenoyong.

Adies menganggap kejadian tersebut merupakan kasus yang besar. Selain melibatkan banyak orang, nominalnya besar. Dari anggota P2S yang jumlahnya tidak sampai 300 orang, kerugianny­a mencapai Rp 30,5 miliar. ’’Jumlah korban yang belum masuk P2S masih ratusan,’’ ungkapnya.

Penyelesai­an kasus tersebut perlu mempertemu­kan dan mendengark­an penjelasan dari banyak pihak. Karena itu, butuh panitia kerja (panja) hukum untuk menuntaska­nnya. ’’Warga bisa mengirimka­n surat ke komisi III terkait masalah itu. Saya berjanji kawal surat tersebut,’’ papar anggota Fraksi Partai Golkar itu.

Direktur Sipoa Grup Klemens Sukarno Candra menuturkan, pihaknya berupaya maksimal untuk menyelesai­kan masalah tersebut. Hingga kini, sudah ada beberapa orang yang sepakat pindah ke proyek baru di Royal Mutiara Residence. Sebagian lagi setuju pencairan uang pengembali­an secara bertahap.

”Pengembali­an secara tunai butuh waktu yang tidak cepat,” katanya.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? KONSULTASI HUKUM: Feri, perwakilan P2S, menunjukan bukti kuitansi pembayaran apartemen kepada Adies Kadir (kanan) kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS KONSULTASI HUKUM: Feri, perwakilan P2S, menunjukan bukti kuitansi pembayaran apartemen kepada Adies Kadir (kanan) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia