Jawa Pos

TRUMP DAN JONG-UN, YA ATAU TIDAK?

- Sumber: CNN ERIE DINI/JAWA POS

Di mana?

Korut pasti bakal berusaha keras membuat Trump datang ke Pyongyang. Tetapi, atas pertimbang­an keamanan, AS jelas tidak akan bersedia. Sementara itu, untuk datang ke AS atau negara-negara Eropa, Jong-un tidak akan bersedia. Sejak menjadi pemimpin tertinggi Korut, dia tidak pernah meninggalk­an Korut.

Lokasi paling memungkink­an adalah Desa Panmunjom di area demarkasi (DMZ), perbatasan Korut dan Korsel.

Apa harapan Korut?

Pertemuan Trump dan Jong-un saja sudah menjadi piala kemenangan bagi

Korut. Sebab, dengan bersedia menemui pemimpin Korut, AS menganggap negara tersebut setara dengan negara-negara yang lain. Mendapatka­n nilai tawar yang lebih besar untuk mencapai tujuannya sebagai negara nuklir.

Apa harapan AS?

Washington hanya ingin Korut menghentik­an program senjata nuklirnya. Sejak awal, Trump sudah menegaskan bahwa segala bentuk dialog hanya bertujuan melucuti nuklir Korut. Namun, tujuan itu sepertinya mustahil tercapai. Mengizinka­n pihak luar menginspek­si program senjata nuklir Korut bakal menjadi pencapaian tertinggi.

Apa pendapat Korsel?

Pertemuan Trump dan Jong-un adalah prestasi bagi Korsel. Tetapi, hasil pertemuan yang tidak jelas membuat Korsel harus selalu waspada.

Jika Trump dan Jong-un sepakat soal perlucutan nuklir, AS bisa jadi akan menarik seluruh pasukannya dari Korsel. Sistem pertahanan antinuklir milik AS yang terpasang di Korsel dan Jepang juga akan dibongkar.

Bagaimana pendapat para pakar senjata nuklir?

Dialog Trump dan Jong-un hanya akan diikuti dengan pola yang sama. Yakni, siklus provokasi dan dialog lanjutan oleh perwakilan dua negara.

Tidak akan ada perubahan signifikan dalam hubungan dua negara itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia