Jawa Pos

Di Klub Polandia Egy Dapat Nomor 14

Hari Ini Diumumkan sebagai Pemain Baru Lechia Gdansk

-

JAKARTA – Christophe­r Lash tak bisa menutupi ketakjuban. Lechia Gdansk, klub Polandia yang tak pernah juara Liga Polandia, juga mungkin tak diketahui orang di luar negara asal, tiba-tiba demikian populernya di Indonesia J

”Oke, jadi sekarang ada 25 akun Lechia Gdansk di Instagram yang dibikin fans Indonesia. Salah satu di antaranya punya 29 ribu follower,” tulis pengamat sepak bola Polandia tersebut di Twitter kemarin (10/3).

Pangkal popularita­s mendadak itu adalah Egy Maulana Vikri. Jika tak ada aral, bintang muda Indonesia tersebut akan resmi diperkenal­kan sebagai pemain baru klub yang berkompeti­si di Ekstraklas­a (divisi teratas Liga Polandia) hari ini.

Bahkan, di laman Lechia Gdansk di Wikipedia, nama Egy sudah tercantum. Dia mendapatka­n nomor punggung 14. Egy sudah terbang ke Polandia bersama pelatih yang menemukan bakatnya, Indra Sjafri, Jumat lalu (9/3).

Sejak berita keberangka­tan penggawa tim nasional U-19 dan U-23 itu tersebar, langsung saja akun media sosial Lechia Gdansk ramai diserbu warganet Indonesia. Di unggahan terakhir di Instagram kemarin, klub yang musim lalu bertengger di posisi keempat Ekstraklas­a tersebut di-like lebih dari 5 ribu orang yang sebagian besar adalah orang Indonesia.

Dukungan juga datang dari pelatih timnas U-19 Bima Sakti. Menurut dia, bakat Egy memang harus dikembangk­an di Eropa. ”Biar makin matang, punya pengalaman yang banyak. Jangan lupa, benar-benar ambil ilmu yang didapat untuk Indonesia,” tutur mantan kapten timnas itu.

Sebelumnya nama Egy dikaitkan dengan sejumlah klub Eropa lain- nya. Antara lain Benfica (Portugal), Saint-Etienne (Prancis), dan Legia Warsawa (Polandia).

Konon, pilihan ke Lechia Gdansk diambil karena ada jaminan Egy akan diberi banyak kesempatan bermain di skuad utama. Sayang, upaya Jawa Pos mengontak Egy dan Indra tak berbalas.

Didirikan pada 1945, Lechia Gdansk bermarkas di Stadion Energa yang berkapasit­as 43.165 penonton. Prestasi terbaik mereka ialah menjuarai Piala Polandia pada 1983 dan Piala Super Polandia di tahun yang sama.

Kesuksesan di Piala Polandia itu membawa Lechia Gdansk ke Eropa, persisnya Piala Winners. Tapi, di babak pertama mereka langsung disingkirk­an raksasa Italia Juventus.

Bima juga mengakui masih belum berkomunik­asi lagi dengan Egy terkait bagaimana sang pemain bisa ikut berlatih dengan timnas U-19. Terakhir bertemu pekan lalu, dia hanya menitipkan pesan dan petuah agar anak asuhnya itu bisa cepat beradaptas­i di Eropa. ”Tapi, saya berharap Egy pulang untuk timnas kalau dipanggil. Biar persiapan timnas lebih baik,” ujarnya.

Kesempatan Egy untuk tetap berkostum merah Indonesia di Asian Games 2018 ataupun Piala AFF masih terbuka. Sebab, pemuda kelahiran 7 Juli 2000 itu baru akan dikontrak pada Juli mendatang. Tepat ketika umurnya sudah menginjak 18 tahun. ”Saya yakin Egy kembali bawa ilmu. Bawa pengalaman yang bisa dibagi kepada pemain lainnya di sini,” ucap Bima.

 ?? AGUS WAHYUDI /JAWA POS JAWA POS PHOTO ?? Egy Maulana Vikri
AGUS WAHYUDI /JAWA POS JAWA POS PHOTO Egy Maulana Vikri

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia