Jawa Pos

Busana ala Wakanda

Didominasi Hitam dan Motif Garis

-

JAKARTA – Siapa yang belum bisa move on dari Black Panther? Film superhero rilisan Marvel Studios itu memang punya banyak penggemar. Mereka terkagum-kagum dengan sosok sang pahlawan, Wakanda, yang tampil gagah dalam balutan kostum macan kumbang. Demikian pula keluarga kerajaan, pasukan Dora Milaje, serta penghuni Wakanda yang penampilan­nya tak kalah keren.

Gaya mereka tak hanya bisa dinikmati di layar lebar. Kita, di dunia nyata, bisa tampil gaya ala penghuni Wakanda. Disney Indonesia mengganden­g beberapa label dan perancang mode Indonesia untuk merilis fashion bertema Black Panther. Superhero yang memiliki nama T’Challa itu tecermin lewat gambar pada pakaian, cutting atau desain, hingga bahan kain yang dipakai.

Untuk koleksi kaus, gradasi warna sesuai dengan tema film. Yakni hitam, putih, abuabu, dan navy blue. ’’Cutting-nya unisex,

jadi bisa dipakai laki-laki maupun perempuan,’’ ungkap Agatha Carolina, marketing director

Monstore.

Pemakaian bahan katun, lanjut dia, dipilih untuk tampilan yang lebih kasual. Sebagai motif atau gambar pada kaus, terdapat ikon topeng Black Panther beserta tulisannya. Kaus pun bisa dimodifika­si sesuai dengan selera. Misalnya dijadikan sleeveless, juga edgy jika dikenakan dengan fashion item

berwarna silver.

Ada pula koleksi busana perempun. Di antaranya blus, jumpsuit, dan jaket. Blus dengan cutting asimetris memberikan penampilan androgini khas pasukan Dora Milaje. Motif garis dan tribal pada blus dan jumpsuit memunculka­n ciri khas busana yang dikenakan Nakia (Lupita Nyong’o).

Ada pula evening gown. Gaun yang ditampilka­n memiliki warna broken white

dan krem. Sebagai motif, ada garis zigzag yang menghiasi gaun. ’’Motif itu didasarkan pada motif batik gunungan yang identik dengan kekuatan dan perlindung­an alam,’’ kata Joseph Lim, creative director Populo Batik.

Gaun tersebut, menurut dia, memberikan penampilan yang anggun, namun tetap kuat. Sama seperti Ramonda/Queen Mother (Angela Basset) dan Shuri (Letitia Wright) saat mengenakan gaun di film.

Untuk koleksi busana pria, pilihannya leather jacket dengan motif garis zig-zag mirip batik gunungan. Dibuat dari bahan berwarna hitam, jaket mirip dengan kostum Black Panther.

’’Kesan yang ditampilka­n adalah kuat dan tangguh, sama seperti sosok sang pahlawan sekaligus raja,’’ jelasnya.

 ?? IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? CERAH: Jumpsuit dengan motif tribal membuat penampilan segar.
IMAM HUSEIN/ JAWA POS CERAH: Jumpsuit dengan motif tribal membuat penampilan segar.
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? ASIMETRIS: Blus asimetris dengan perpaduan dua bahan bisa dikenakan untuk gaya kasual. LADY: Gaun berbahan satin yang desainnya terinspira­si busana Queen Mother.
IMAM HUSEIN/JAWA POS IMAM HUSEIN/ JAWA POS ASIMETRIS: Blus asimetris dengan perpaduan dua bahan bisa dikenakan untuk gaya kasual. LADY: Gaun berbahan satin yang desainnya terinspira­si busana Queen Mother.
 ?? IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? TERCAKAR: Detail motif pada kaus berupa scratch.
IMAM HUSEIN/ JAWA POS TERCAKAR: Detail motif pada kaus berupa scratch.
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ??
IMAM HUSEIN/JAWA POS
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? IKON: Leather jacket dengan aksen di sekitar leher seperti mengenakan kostum Black Panther.
IMAM HUSEIN/JAWA POS IKON: Leather jacket dengan aksen di sekitar leher seperti mengenakan kostum Black Panther.
 ??  ?? ANDROGINI: Busana serbahitam dipadukan dengan rok tribal.
ANDROGINI: Busana serbahitam dipadukan dengan rok tribal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia