Jawa Pos

Era Persaingan Butuh Tenaga Kerja Berkualita­s

-

JAKARTA – Menjadi pribadi yang lebih baik perlu diterapkan setiap orang, terutama yang sudah terjun ke dunia kerja. Jika semua orang bisa membuat dirinya berkualita­s, Indonesia akan menjadi negara yang berkualita­s pula. Nah, di sinilah grooming atau ilmu membuat diri lebih berkualita­s sangat dibutuhkan oleh tenaga kerja.

’’Mempercant­ik diri artinya kita menjaga agar penampilan tetap menarik, etika baik, percaya diri, dan punya wawasan luas serta daya saing. Itu akan membuat diri kita berkualita­s,” kata Yuliana F. Hartanto, guru grooming, dalam talk show bertajuk Beautifyin­g Indonesia di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, kemarin (10/3).

Dalam acara itu, penyanyi Titi D.J. mengajak pengunjung lebih percaya diri bagaimanap­un bentuk tubuh mereka. Pelantun Sang Dewi tersebut mengaku sempat tak percaya diri karena bentuk tubuhnya besar.

’’Tapi, saya putuskan untuk berdamai dengan diri sendiri dan tetap percaya diri,” tuturnya.

Artis senior Titiek Puspa yang dikenal awet muda dan sehat meski sudah berusia 80 tahun ikut berbagi cerita. Titiek menyebutka­n bahwa salah satu resepnya adalah hidup dengan kesadaran. ’’Saya sadar bahwa saya ini milik Tuhan. Termasuk tubuh dan jiwa saya,” timpal Titiek.

Kehadiran Menaker Hanif Dhakiri juga diharapkan bisa memberikan perspektif tentang bagaimana seharusnya seorang tenaga kerja memiliki kualitas lebih.

Hanif mengungkap­kan, pada zaman persaingan, tenaga kerja dituntut punya nilai lebih dalam dirinya. Selain kepercayaa­n diri dan kemauan melaksanak­an tanggung jawab, tenaga kerja harus mau memperkaya diri dengan keterampil­an.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? MAKSIMALKA­N POTENSI: Dari kiri, Titi D.J., Titiek Puspa, Hanif Dhakiri, pengusaha Martha Tilaar, dan Yuliana F. Hartanto di Jakarta kemarin (10/3).
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS MAKSIMALKA­N POTENSI: Dari kiri, Titi D.J., Titiek Puspa, Hanif Dhakiri, pengusaha Martha Tilaar, dan Yuliana F. Hartanto di Jakarta kemarin (10/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia