Jawa Pos

Keluhkan Bermain Pukul 21.00 WIB

-

MESKI baru draf dan masih berpeluang berubah, jadwal yang disiapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bikin deg-degan beberapa klub. Penyebabny­a, ada tiga waktu kickoff, yakni pukul 15.30 WIB, pukul 19.00 WIB, dan pukul 21.00 WIB. Banyak klub khawatir mendapat terlalu banyak jadwal malam (pukul 21.00 WIB).

Menurut Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan, jadwal itu nanti didiskusik­an dengan kontestan Liga 1. Tepatnya pada 15 Maret ketika manager meeting. ’’Jadi bisa diajukan keberatan. Kami akan rapatkan lagi dengan seluruh tim agar sama-sama tidak ada yang dirugikan,’’ jelasnya.

Madura United menjadi salah satu klub yang kurang sreg mendapat jadwal bermain malam. Apalagi, tiga laga kandang pertama mereka ditandingk­an pukul 21.00 WIB. Termasuk laga kandang ketiga mereka yang tergolong big match melawan Arema FC pada 22 April.

Bermain terlalu malam dikhawatir­kan akan menurunkan minat penonton, terutama untuk menonton langsung di stadion. ’’Semua klub harus mendapat perlakuan yang sama soal jadwal. Jangan ada satu klub yang mendominas­i kesempatan main pada

prime time,’’ ujar Manajer Madura United Haruna Soemitro.

Apalagi, menurut Haruna, klub berjuluk Laskar S ape Ke r r apit u merupakan salah satu klub yang memiliki rating cukup bagus. Karena itu, mereka berencana mengajukan protes pada 15 Maret nanti.

Berbeda dengan Madura United, Arema FC tidak mempersoal­kan apakah bermain pada sore, petang, atau malam hari. ’’Kami tidak ada masalah bermain jam sembilan malam (pukul 21.00, Red) atau tiga sore (pukul 15.30 WIB, Red). Yang terpenting pemain ada waktu untuk

recovery. Itu saja,’’ ujar General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Meski begitu, Ruddy menilai,

rating sangat penting di era sepak bola industri. Karena itu, dia mengatakan, bermain di prime time menjadi salah satu acuan agar makin banyak penonton yang datang di stadion. ’’Kalau semua disamarata­kan waktunya, juga tidak fair. Rating Arema FC selalu empat besar. Kami tidak mau disamarata­kan dengan tim lain yang r ati n g- nya rendah,lalu mengubah jam bertanding ,’ tuturnya.(nap/rid/c4/ham)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PROTES: Madura United kurang sreg dengan jadwal bermain malam yang mereka dapatkan untuk musim ini.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PROTES: Madura United kurang sreg dengan jadwal bermain malam yang mereka dapatkan untuk musim ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia