Jawa Pos

Ferrari Cepat, tapi Belum Kuat

-

BARCELONA – Uji coba pramusim Formula 1 berakhir. Apa pun hasilnya, tes tetaplah tes. Semuanya akan tetap ditentukan pada seri pembuka, yakni GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, 25 Maret mendatang.

Ferrari menutup seluruh rangkaian uji coba pramusim sebagai yang tercepat. Secara keseluruha­n, skuad Kuda Jingkrak mengantark­an dua pembalapny­a naik ke puncak daftar pembalap tercepat. Kimi Raikkonen melibas Circuit de BarcelonaC­atalunya sebanyak 157 lap tanpa masalah pada hari terakhir. Dia berdiri sebagai pemuncak pembalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 17,221 detik.

Meski tercepat pada hari terakhir, catatan waktu pembalap Finlandia tersebut belum mampu melampaui rekor lap yang sudah ditorehkan rekan satu timnya, Sebastian Vettel, sehari sebelumnya, yakni 1 menit 17,182 detik. Vettel juga menjadi pembalap paling ”sibuk” di Barcelona dengan menyelesai­kan 425 lap.

Namun, sebagai pembalap berpengala­man, Vettel tak lantas jemawa dengan hasil tersebut. ”Saya rasa salah jika menyimpulk­an (performa Ferrari, Red) hanya dari catatan waktu. Masih banyak faktor yang mesti dipertimba­ngkan,” ucapnya kepada Motorsport.

Vettel benar. Apalagi jika melihat catatan waktu terbaik dua pembalap Ferrari diraih dengan menggunaka­n ban paling lunak, hypersoft. Selain itu, sepertinya Mercedes dan Red Bull sengaja tak mengumbar power mesin mereka hanya untuk mengejar catatan waktu satu lap. Mereka lebih berfokus pada long run.

Misalnya duo Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas yang meraih catatan waktu terbaik mereka dengan menggunaka­n ban yang lebih keras, ultrasoft.

Atau bintang bintang Red Bull Max Verstappen yang bahkan hanya menggunaka­n ban soft untuk mengejar catatan waktu tercepatny­a.

Meski begitu, Kimi Raikkonen percaya diri dengan paket mobil baru Ferrari SF71H. Mesinnya sangat tangguh karena Ferrari menjadi tim kedua yang mencatat jumlah lap paling banyak, yakni 929 putaran. Sementara yang terbanyakt­etapMerced­esdengan1.039putaran.”Kinitingga­l melihat bagaimana mobil kami bisa beradaptas­i dari satu sirkuit ke sirkuit lain,” imbuhnya.

 ?? CHRISTOPHE­R KATSAROV/THE CANADIAN PRESS VIA AP ?? ATLETIS: Forward Toronto Raptors Malcolm Miller (kiri) melakukan layup saat menghadapi Houston Rockets di Air Canada Center. Raptors menang 108-105.
CHRISTOPHE­R KATSAROV/THE CANADIAN PRESS VIA AP ATLETIS: Forward Toronto Raptors Malcolm Miller (kiri) melakukan layup saat menghadapi Houston Rockets di Air Canada Center. Raptors menang 108-105.
 ?? MANU FERNANDEZ/AP PHOTO ?? FOKUS: Bintang Ferrari Sebastian Vettel saat beraksi pada tes pramusim di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo (9/3).
MANU FERNANDEZ/AP PHOTO FOKUS: Bintang Ferrari Sebastian Vettel saat beraksi pada tes pramusim di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo (9/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia